• Rabu, 29 Juni 2022

Penerapan ETLE di Jalan Tol Jasa Marga Group Segera Berlaku. Korlantas Sosialisasi ke Masyarakat

- Selasa, 1 Maret 2022 | 13:32 WIB
Rencana penerapan ETLE di jalan tol milik Jasa Marga.
Rencana penerapan ETLE di jalan tol milik Jasa Marga.

TourismNews.id - Korlantas Polri bersama PT Jasa Marga menggelar sosialisasi penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Jalan Tol Jasa Marga Group.

Penerapan ETLE di jalan tol ini dilakukan untuk mendukung penindakan kendaraan yang melakukan pelanggaran Over Load dan Over Speed, dengan melakukan integrasi sistem ETLE dengan sistem di jalan tol.

Sosialisasi penerapan ETLE di jalan tol Jasa Marga Group dilaksanakan dalam rangkaian puncak acara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-44 Jasa Marga, Virtual Roadster Festival, yang dilaksanakan pada Selasa (01/03).

Baca Juga: Jalan Tol Lancar Selama Libur Panjang Isra Miraj, 484 ribu Kendaraan Keluar daru Jakarta

Turut hadir dalam sosialisasi ini, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit, Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur, Kaden Wal PJR Korlantas Polri Kombes Pol Juni dan Kasubdit Dakgar Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Pol Made Agus.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, Jasa Marga mendukung program Korlantas Polri terkait penerapan ETLE di jalan tol.

ETLE nantinya terintegrasi melalui dua sistem yang dikelola oleh Jasa Marga yaitu Speed Camera di ruas jalan tol untuk pelanggaran Over Speed dan Weigh In Motion (WIM), pada sejumlah jembatan dan lajur khusus di jalan tol.

Baca Juga: Jasa Marga Kembangkan Hotel di Rest Area Tol Trans Jawa

Sistem tersebut berfungsi untuk mengawasi beban kendaraan yang melintas secara real time untuk pelanggaran Over Load.

“Terintegrasinya sistem ETLE Korlantas Polri dengan Speed Camera dan WIM Jasa Marga ini sejalan dengan pilar kedua dalam Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Jalan yaitu Jalan Yang Berkeselamatan," ujar Heru, dalam siaran media yang diterima TourismNews.id, Selasa, 1 Maret 2022.

Halaman:

Editor: Dian Riski Rosmayanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ten Hag Tak Bantah Bertemu Man United

Sabtu, 2 April 2022 | 12:01 WIB

Terpopuler

X