• Rabu, 29 Juni 2022

Sabang Berencana Bangun Wisata Rumah Sakit, Ambisi Meniru Penang Malaysia

- Rabu, 16 Februari 2022 | 07:40 WIB
Tugu Nol KM Sabang. (joglowisata)
Tugu Nol KM Sabang. (joglowisata)


TourismNews.id - Pemerintah Kota Sabang berencana membangun wisata rumah sakit (hospital tourism).

Rencana pembangunan hospital tourism di Kota Sabang itu terinspirasi dari Penang, Malaysia yang memang sudah dikenal sebagai tempat wisata pengobatan.

Selain itu Kota Sabang sebagai wilayah paling barat Indonesia itu juga berupaya memberikan pelayanan terbaik sebagai daerah tujuan wisata internasional.

Baca Juga: Menelusuri Jejak Perayaan Imlek di Aceh dan Papua yang Jarang Diketahui

"Hospital tourism menjadi konsep pengembangan rumah sakit di Sabang ke depan," kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kota Sabang Faisal Azwar, seperti dikutip TourismNews.id dari Antara, Selasa (15/2).

Saat ini, kata Faisal, Pemerintah Kota Sabang sedang melakukan pembangunan gedung baru rumah sakit umum (RSU) di Lhok Ige, Gampong Ujung Kareng, Kecamatan Sukajaya.

Menurut dia, pembangunan itu dalam rangka perluasan lokasi RSU Kota Sabang saat ini tidak bisa mengembangkan lagi karena tidak memiliki lahan yang cukup luas.

Baca Juga: Wisata Religi di Kawasan Pantai Syiah Kuala Banda Aceh Ini Banyak Dikunjungi Para Pelancong

"Jadi, sekarang yang dibangun ini rumah sakit umum. Akan tetapi, arah pengembangan pelayanan ke depan adalah rumah sakit pariwisata. Itu sudah kami konsepkan seperti Pulau Penang (Malaysia)," katanya.

Menurut Faisal, RSU tersebut terbagi dalam empat blok yang mencakup pelayanan dasar rumah sakit. Saat ini pembangunan yang telah rampung baru satu blok, selebihnya masih dalam pengerjaan.

Halaman:

Editor: Irvan Ali Fauzi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ten Hag Tak Bantah Bertemu Man United

Sabtu, 2 April 2022 | 12:01 WIB

Terpopuler

X