• Selasa, 17 Mei 2022

Kebijakan Penanganan Covid 19 Dinamis, Menyesuaikan Ancamannya

- Selasa, 18 Januari 2022 | 08:33 WIB
Rapat Mingguan terkair Penanganan Covid 19 (BNPB)
Rapat Mingguan terkair Penanganan Covid 19 (BNPB)

TourismNews.id - Pemerintah Indonesia terus melakukan evaluasi terkait penanganan dan pengendalian Covid 19, khususnya varian baru Omicron yang sudah masuk Indonesia.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid 19, Letjen TNI Suharyanto mengatakan, hasil evaluasi penanganan Covid 19 yang dibahas dalam rapat terbatas setiap minggu itu tak jarang melahirkan kebijakan baru.

Menurutnya, kebijakan baru terkait penanganan Covid 19 disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah karakteristik ancaman dari virus itu sendiri yang juga mengalami perubahan.

Baca Juga: Menkominfo Minta Masyarakat Tidak Bepergian ke Luar Negeri untuk Tekan Kasus Omicron

Suharyanto menerangkan, setiap minggu pihaknya melaksanakan rapat kerja untuk evaluasi. Kemudian dilihat perkembangan ancamannya.

"Omicron ini kita evaluasi terus menerus sehingga kebijakannya pun berubah menyesuaikan dengan karakteristik ancamannya yang juga berubah-ubah," jelas Suharyanto dalam Rapat Evaluasi Pengendalian Covid 19 Mingguan di Jakarta, Senin 17 Januari 2022.

Suharyanto menerangkan, adanya perubahan tentang penetapan masa karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) dari 14 hari menjadi 10 hari merupakan bagian dari hasil evaluasi kebijakan sebelumnya.

Baca Juga: Jaringan Bioskop Cineplex Rumahkan 5.000 Pekerja akibat Lonjakan Kasus Omicron

Aturan yang tertuang dalam Surat Edaran Ketua Satgas Nomor 3 Tahun 2022 itu diambil sebagaimana menurut hasil rapat terbatas dan melalui berbagai pertimbangan yang dirumuskan bersama para ahli.

Halaman:

Editor: Arif Kusuma Fadholy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ten Hag Tak Bantah Bertemu Man United

Sabtu, 2 April 2022 | 12:01 WIB

Terpopuler

X