• Rabu, 29 Juni 2022

Mengenal Sesajen dan Berbagai Ritual Masyarakat Suku Tengger di Gunung Semeru

- Minggu, 16 Januari 2022 | 17:28 WIB
Tradisi sajen di Gunung Semeru
Tradisi sajen di Gunung Semeru

TourismNews.id - Menelusuri budaya dan adat istiadat masyarakat Suku Tengger yang tinggal di sekitar Gunung Semeru, erat kaitannya dengan upacara dan sesajen. Hal itu tidak lepas dari agama dan asal usul masyarakat yang tinggal di sana.

Tahukah Anda bahwa sesajen, ritual dan sejenisnya sudah sangat mendarah daging di antara masyarakat sekitar Gunung Semeru?

Upacara maupun ritual sesajen tersebut justru menjadi perekat dan menciptakan sebuah toleransi yang tinggi diantara masyarakat sekitar Gunung Semeru.

Baca Juga: Huntara Korban Erupsi Semeru Mengusung Smart Village, Diharapkan Bisa Dihuni Saat Idul Fitri

Berikut ini berbagai upacara adat serta sesajen yang biasa dilakukan oleh Suku Tengger dan masyarakat Gunung Semeru, dikutip dari berbagai sumber.

Upacara YadNya Kasada

Upacara ini biasanya dilakukan pada bulan ke-12 (Kasada) yang bertepatan dengan bulan purnama. Adat Kasada merupakan ucapan terimakasih kepada Sang Hyang Widhi bahwa masyarakat Tengger Semeru diberi keselamatan dan kelimpahan hidup.

Upacara Karo-karo

Adat Karo-karo dikenal sebagai pemujaan terhadap Sang Hyang Widhi Wasa, penghormatan roh leluhur, dan kesucian manusia. Perayaan dilakukan dengan cara membersihkan diri, rumah, dan tempat ibadah. Juga balai desa dan lingkungan desa.

Baca Juga: Kepala BNPB Tinjau Progres Pembangunan Huntara dan Huntap Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru, Ini Sarannya

Halaman:

Editor: Dian Riski Rosmayanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Libur Panjang Isra Miraj, Pengguna KRL Padat

Selasa, 1 Maret 2022 | 09:06 WIB

Terpopuler

X