• Selasa, 17 Mei 2022

Angkutan Perkotaan Dikembangkan. Kemenhub Targetkan Pengguna Kendaraan Pribadi Berkurang.

- Minggu, 16 Januari 2022 | 13:00 WIB
Layanan BTS Teman Bus diminati masyarakat.
Layanan BTS Teman Bus diminati masyarakat.

TourismNews.id - Kementerian Perhubungan menargetkan operasional Buy The Service (BTS) Teman Bus di Indonesia bisa mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di jalan raya.

Direktur Angkutan Jalan Ditjen Hubdat, Suharto menyatakan, bahwa kehadiran BTS Teman Bus ini merupakan salah satu bentuk respon Pemerintah Pusat dalam mendorong transformasi angkutan perkotaan yang berkelanjutan.

“Sejalan dengan itu kami melakukan pendekatan kepada Pemda terkait komitmen Pemda sekaligus sebagai stimulan terhadap Pemda yang nantinya akan mengambil alih tugas angkutan umum," kata dia.

Baca Juga: BTS Teman Bus Kembali Beroperasi. Cek Rutenya di Kota Anda!

Sesuai UU 22 Tahun 2009 ini, kata Suharto, penyediaan angkutan umum merupakan tanggung jawab pemerintah daerah. Namun pemerintah pusat ikut mendorong jika pemda belum mampu melaksanakannya.

Kehadiran BTS Teman Bus, menurut Suharto, selalu dinanti kehadirannya di tiap kota. Sebab BTS Teman Bus ini dilengkapi perangkat canggih.

"Bus BTS ini dilengkapi dengan CCTV dan sistem IT di setiap unitnya sehingga memberikan rasa aman," kata dia.

Baca Juga: Kota Makassar Kembangkan Rute Baru Teman Bus Trans Mamminasata, Bakal Jangkau Beberapa Destinasi Wisata

Kedepan, tarif BTS Teman Bus ini akan keterjangkauan. Meskipun berbayar nantinya masih mempertimbangkan kemampuan masyarakat.

Terutama juga menyangkut keamanan dan keselamatan bagi para penumpang. Kemudian di tiap unit bus Kemenhub mempertimbangkan bagi para penyandang disabilitas sehingga mudah untuk diakses.

Halaman:

Editor: Dian Riski Rosmayanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ten Hag Tak Bantah Bertemu Man United

Sabtu, 2 April 2022 | 12:01 WIB

Terpopuler

X