• Kamis, 20 Januari 2022

Empat Layanan Transportasi Di Jabodetabek ini Sudah Ramah Disabilitas. MRT Paling Ramah Disabilitas

- Jumat, 3 Desember 2021 | 16:24 WIB
Ilustrasi penyandang cacat pada Hari Disabilitas Internasional. (Ratna Fitry/Pixabay)
Ilustrasi penyandang cacat pada Hari Disabilitas Internasional. (Ratna Fitry/Pixabay)

TourismNews.id - Sebagian besar layanan transportasi di Jabodetabek ternyata sudah ramah disabilitas. Operator transportasi cukup memperhatian kebutuhan penyandang disabilitas, agar mudah menggunakan transportasi umum untuk aktifitas sehari-hari.

Beragam fasilitas disiapkan agar penyandang disabilitas tidak kebingungan menggunakan fasilitas transportasi. Bahkan beberapa moda sudah menyiapkan kursi khusus disabilitas agar tidak digunakan oleh penumpang lain.

Pemenuhan layanan ini menunjukan adanya penyandang disabilitas mendapatkan pelayanan yang sama seperti penumpang umum lain. Moda apa saja sih yang sudah menyediakan layanan penuh terhadap disabilitas?

Baca Juga: Setelah Trending, Mensos Risma Bantah Paksa Anak Tunarungu Bicara di Peringatan Hari Disabilitas Internasional

1. KRL Jabodetabek

Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek sudah menerapkan transportasi ramah disabilitas. Mulai dari akses stasiun hingga kursi khusus penyandang disabilitas pun disiapkan.

Bahkan petugas keamanan selalu disiagakan untuk membantu penyandang disabilitas mendapatkan haknya. Bahkan penyandang disabilitas juga tidak perlu khawatir kesulitan mengakses kereta rel liatrik, layanan mandiri pun sudah tersedia seperti guiding block berwarna kuning diarea komersil stasiun hingga peron.

Pada stasiun yang memiliki dua lantai, terdapat lift untuk digunakan para penyandang disabilitas. Tombol di lift juga sudah terdapat huruf braile agar mudah digunakan.

Baca Juga: Kemenhub Kebut Pembangunan Infastruktur Transportasi di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas

Halaman:

Editor: Dian Riski Rosmayanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X