• Kamis, 20 Januari 2022

Kemenhub Siapkan Kapal Wisata Bottom Glass untuk Mendukung Pariwisata Super Prioritas

- Kamis, 2 Desember 2021 | 22:34 WIB
Kapal bottom glass disiapkan untuk mendukung wisata super prioritas. Kini sedang dalam proses pembangunan di galangan kapal anak negeri.  (Humas Ditjen Perhubungan Laut)
Kapal bottom glass disiapkan untuk mendukung wisata super prioritas. Kini sedang dalam proses pembangunan di galangan kapal anak negeri. (Humas Ditjen Perhubungan Laut)

TourismNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siapkan kapal wisata bottom glass untuk mendukung paruwsata super prioritas. Wilayah Likupang Provinsi Sulawesi Utara dan Labuan Bajo Provinsi Nusa Tenggara Timur, akan menjadi daerah penerima hibah kapal.

Hal tersebut disampaikan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Mugen S. Sartoto, saat membuka kegiatan Koordinasi Tim Hibah Kapal Wisata Bottom Glass Series #3 dengan tema Sinergitas Kegiatan Hibah Kapal di Surabaya, Kamis 2 Desember 2021.

Ada empat unit kapal bottom glass yang sedang dalam prores pembangunan oleh galangan kapal. Keempat kapal tersebut dibangun oleh galangan kapal PT Bayubahari Shipyards, PT Proskuneo Kadarusman, PT Dumas Tanjung Perak Shipyards, dan PT Ben Santosa.

Baca Juga: Kemenhub Kebut Pembangunan Infastruktur Transportasi di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas

"Pembangunan fisik 4 (empat) unit kapal pada minggu ke-58 saat ini sudah mencapai sekitar 92,52 persen, sesuai dengan perencanaan dan diharapkan dapat selesai tepat waktu," jelasnya.

Remcananya empat kapal ini akan dialokasikan perdana ke wilayah Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Utara dengan bentuk hibah. Dia meminta, anggaran pemeliharaan dan operasional wajib disediakan oleh Pemerintah Daerah.

"Sebab ini adalah aset negara dan akan diserahkan kepada masyarakat atau Pemerintah Daerah," katanya.

Baca Juga: Kemenhub Larang WNA Masuk Lewat Jalur Darat. Pemerintah Perketat Akses Masuk dari Perbatasan Negara

Pemerintah Daerah, kata dia, telah menyampaikan dokumen kesanggupan untuk menerima hibah. Bahkan selalu hadir memberikan saran serta masukan dalam setiap kegiatan sebagai bentuk sinergitas.

Halaman:

Editor: Dian Riski Rosmayanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X