• Kamis, 20 Januari 2022

Mensos Risma Paksa Anak Tuli Bicara, Tagar Bu Risma Trending di Twitter

- Kamis, 2 Desember 2021 | 16:27 WIB
Mensos Risma Harini saat berbicara pada peringata Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021 di Surakarta, Rabu 1 Desember 2021. (Humas Balai Besar Prof. Soeharso Surakarta)
Mensos Risma Harini saat berbicara pada peringata Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2021 di Surakarta, Rabu 1 Desember 2021. (Humas Balai Besar Prof. Soeharso Surakarta)

TourismNews.id - Menteri Sosial Tri Rismaharini kembali menjadi sorotan. Pasalnya adalah karena Mensos Risma memaksa seorang anak tunarungu atau tuli berbicara di atas panggung.

Peristiwa tersebut terjadi saat peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) pada 1 Desember 2021. Namun, video tayangan Mensos Risma berbicara memaksa anak tuli berbicara itu viral di media sosial. Bahkan tagar Bu Risma menjadi trending di Twitter, Kamis 2 Desember 2021.

Dalam video yang viral itu, Risma mengajak seorang anak tuli bernama Adi untuk naik ke atas panggung bersama dirinya dan penyandang disabilitas lainnya.

Baca Juga: Duh! Lumba-lumba yang Mati di Bali Ternyata Pernah Ditunggangi Lucinta Luna

Awalnya Risma menunjukkan kepada Adi bahwa dirinya melukis pohon kehidupan yang disempurnakan oleh penyandang tunarungu lain bernama Anfield.

Tiba-tiba saja Risma meminta Adi untuk mengungkapkan isi pikirannya dengan berbicara langsung tanpa alat bantu. "Kamu ingin kita tidak merusak bumi kan? Kamu sekarang ibu minta bicara ndak pakai alat, kamu bicara Adi. Kamu bicara," kata Risma seperti dikutip dari video Youtube Kemensos RI, Kamis 2 Desember 2021.

Cukup lama Risma membujuk Adi untuk berbicara sambil menyorongkan mic ke depan mulut Adi yang bermasker. Adi yang bingung berusaha untuk menjauhkan mic dari mulutnya dengan tangan kirinya, tapi kemudian tangan Risma menurukan tangan Adi. "Adi kamu bisa bicara sayang," katanya.

Baca Juga: Gubernur DIY dan Provinsi Jawa Barat Melakukan Penandatanganan Perjanjian untuk Pengembangan Potensi Daerah

Momen Risma paksa anak tuli berbicara, itu kemudian diprotes hingga Trending Topic di Twitter dengan tagar #Bu Risma. Dalam video yang diunggah akun Twitter @allhlr, seorang remaja penyandang tuli bernama Stefan sempat mengungkapkan keberatan atas permintaan Mensos Risma.

Halaman:

Editor: Irvan Ali Fauzi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X