• Kamis, 20 Januari 2022

Kemenhub Kebut Pembangunan Infastruktur Transportasi di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas

- Rabu, 1 Desember 2021 | 23:55 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memaparkan kesiapan infrastruktur di 5 destinasi wisata super prioritas (BKIP Kemenhub)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memaparkan kesiapan infrastruktur di 5 destinasi wisata super prioritas (BKIP Kemenhub)

TourismNews.id - Kementerian Perhubungan kebut pembangunan infrastruktur transportasi di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Ke lima destinasi itu adalah Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada Rapat Koordinasi Nasional Pengembangan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang dipimpin Menko Luhut Binsar Pandjaitan, di Jakarta, Rabu 1 Desember 2021.

Menhub mengatakan, sebagaimana arahan Presiden RI Joko Widodo, pembangunan infrastruktur pendukung kawasan wisata terus dikebut meski di tengah pandemi. Sehingga, ketika kondisi sudah kembali normal, kawasan tersebut sudah siap menampung pengunjung.

Baca Juga: Kemenhub Larang WNA Masuk Lewat Jalur Darat. Pemerintah Perketat Akses Masuk dari Perbatasan Negara

“Dengan adanya dukungan infrastruktur transportasi, dapat memberikan kemudahan bagi mereka para wisatawan yang berkunjung di lima destinasi wisata tersebut,” kata Menhub.

Pada tahun 2022, Kemenhub akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 442,7 milyar untuk pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana transportasi di 5 DPSP. Tahun sebelumnya di 2021, Kemenhub mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 856,7 milyar. Anggaran tahun 2022 lebih kecil karena beberapa kegiatan/proyek telah diselesaikan pada tahun 2020 dan 2021.

“Dengan alokasi anggaran di tahun 2022, diharapkan dapat melengkapi apa yang sudah dilakukan pada tahun sebelumnya,” ucap Menhub.

Baca Juga: Kemenhub Perketat Pintu Masuk Internasional untuk Cegah Masuknya Varian Baru Covid-19, Omicron

Dukungan Kemenhub terhadap sektor pariwisata dengan mengoptimalkan konektivitas nasional dari dan menuju ke destinasi wisata, seperti peningkatan kapasitas terminal penumpang pesawat udara, perpanjangan runway, penambahan rute internasional dan domestik, penyediaan jaringan infrastruktur KA, pembangunan pelabuhan laut, sungai dan danau, serta meningkatkan keselamatan jalan dengan penyediaan fasilitas keselamatan jalan.

Halaman:

Editor: Dian Riski Rosmayanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X