• Kamis, 20 Januari 2022

Kota Banda Aceh Masuk Nominasi 11 Kota Kreatif Indonesia 2021, Ini Alasannya

- Senin, 29 November 2021 | 11:27 WIB
Kopi Aceh Gayo (Foto: Portal Republik/maul)
Kopi Aceh Gayo (Foto: Portal Republik/maul)

TourismNews.id - Kota Banda Aceh masuk dalam nominasi 11 Kota Kreatif Indonesia 2021 yang merupakan program kabupaten atau kota kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) 2021.

Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman mengatakan, Kota Banda Aceh menjadi kota kreatif dilihat dari berbagai ekosistem dalam subsektor ekonomi, seperti kuliner, fashion, hingga pertunjukannya.

“Hal ini bisa dilihat dari mulai kuliner, budaya dan ekonomi digital, seperti banyak pertumbuhan usaha kopi di beberapa tempat (Kota Banda Aceh), hingga membuka cabang dan ekspor ke luar negeri,” kata Aminullah Usman dikutip dari laman Pemkot Banda Aceh.

Baca Juga: Satpol PP Aceh Bunuh Anjing Demi Wisata Halal, Sherina Pun Berang

Aminullah Usman meneruskan, selain itu, tarian-tarian yang juga terus tumbuh, seperti Tarian Saman, Rapai Geleng, juga makanan seperti mie Aceh.

Termasuk juga usaha kerajinan tangan dan cinderamata yang menarik, kelompok-kelompok yang bisa menjadi daya tarik, seperti kelompok anak-anak muda yang kreatif yang berkembang di bidang startup.

Aminullah menjelaskan, saat pemaparan kepada tim komite, dirinya menjelaskan Kota Banda Aceh mempunyai kekuatan kolaborasi aktor dan subsektor, tata kelola, serta deskripsi proses produksi.

Baca Juga: Desa Wisata Pertama tentang Edukasi Pemahaman Kebencanaan Ada di Aceh

“Kita juga sampaikan bagaimana tata kelola kebijakan pemerintah terkait ekonomi kreatif, manfaat ekonomi, ketahanan sosial budaya dan lingkungan,” ujar Aminullah.

Halaman:

Editor: Arif Kusuma Fadholy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X