• Sabtu, 4 Desember 2021

SD Negeri Miji 3 Mojokerto Adakan Wisata Literasi, Guru Wajib Hasilkan Karya Tulis

- Kamis, 25 November 2021 | 15:57 WIB
Ilustrasi siswa SD. (Image by Nico Boersen from Pixabay)
Ilustrasi siswa SD. (Image by Nico Boersen from Pixabay)

TourismNews.id - Dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi, SD Negeri Miji 3 Mojokerto mengadakan acara wisata literasi yang diikuti oleh guru dan siswa.

Dikutip dari berbagai sumber, dalam acara wisata literasi itu, guru-guru wajib menghasilkan karya tulisan. Wisata literasi ini digelar sebagai solusi rendahnya literasi menulis.

Tak hanya diikuti kalangan siswa saja, melainkan guru hingga kepala sekolah digerakkan untuk rajin menulis.

Diketahui, literasi menjadi salah satu tolok ukur kemajuan bangsa, tetapi kebiasaan membaca di Indonesia masih sangat rendah, inilah salah satu faktor yang menyebabkan tingkat literasi yang rendah pula.

Baca Juga: Wapres RI Berharap Kesejahteraan Para Guru Harus Meningkat, untuk Mewujudkan Indonesia Maju

Dalam kaitannya dengan literasi, semua guru mestinya ketika memberikan penugasan kepada anak, mereka diminta untuk merefleksi, memberikan catatan balik apa yang telah dia baca itu.

Kenyataannya di lapangan, masih ditemui guru yang kesulitan membaca perintah, sehingga kemampuan literasinya perlu banyak ditingkatkan.

Literasi merupakan kemampuan individu untuk menggunakan potensi yang dimiliki, dalam arti kemampuan tidak sebatas baca tulis saja, acara wisata literasi ini memberikan materi berupa pembuatan karya tulis puisi untuk para siswa dan karya tulis bagi para guru dan kepala sekolah.

Materi literasi untuk kalangan siswa ditentukan dengan membuat karya puisi dengan tema. Penyampaian materi dilakukan per kelas selama satu jam. Lalu, siswa diberi waktu sehari untuk mengumpulkan puisi karya mereka.

Halaman:

Editor: Arif Kusuma Fadholy

Tags

Terkini

X