• Sabtu, 4 Desember 2021

Inspirasi Perjuangan Seorang Guru dalam 'Laskar Pelangi' Dongkrak Wisata Belitung

- Kamis, 25 November 2021 | 09:13 WIB
Wisata Batu Layar di Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Ramai dikunjungi setelah Film 'Laskar Pelangi' rilis yang mendapat inspirasi perjuangan serorang guru..  (Image by Trisno Utomo from Pixabay )
Wisata Batu Layar di Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Ramai dikunjungi setelah Film 'Laskar Pelangi' rilis yang mendapat inspirasi perjuangan serorang guru.. (Image by Trisno Utomo from Pixabay )

TourismNews.id - Hari Guru Nasional diperingati setiap 25 November. Ternyata ada tempat wisata yang mendapat inspirasi perjuangan seorang guru saat mendidik muridnya.

Salah satu yang terkenal adalah wisata Laskar Pelangi di Pulau Belitung, Provinsi Bangka-Belitung. Nah, inspirasi perjuangan seorang guru bernama Muslimah menjadi alasan keberadaan tempat itu dan mengangkat Wisata Pulau Belitung.

Kisah perjuangan Muslimah mendidik murid-muridnya di SD Muhammadiyah Gantong, menjadi inspirasi novel terkenal berjudul "Laskar Pelangi" yang ditulis Andrea Hirata. Novel itu adalah pengalaman Andrea Hirata sendiri semasa kecil bersekolah di Belitung.

Baca Juga: Bantuan Perahu Wisata oleh Pemprov Bangka Belitung untuk Pengembangan Pariwisata Desa Kota Kapur

Singkat cerita, novel "Laskar Pelangi" kemudian diangkat menjadi film yang disutradarai Mira Lesmana dan Riri Riza, sutradara yang sebelumnya terkenal dengan "Ada Apa dengan Cinta". Film "Laskar Pelangi" yang berlatar belakang di Belitung rilis pada 2008.

Film itu sangat apik menggambarkan keindahan alam Pulau Belitung, seperti pemandangan Batu Layar dan danau Kaolin yang menjadi latar tokoh Ikal dan kawan-kawannya di Laskar Pelangi bermain.

Setelah film itu, orang-orang penasaran dengan keindahan Belitung. Wisata Pulau Belitung pun semakin melejit.

Baca Juga: Sempat Diremehkan Para Pemuda Bangka Wujudkan Mimpinya Bangun Tempat Wisata

Setelah film itu 'meledak' di layar bioskop Indonesia, tak heran jika banyak wisatawan liburan ke Belitung hanya untuk merasakan langsung suasana bak di dalam film yang diangkat dari Novel karya Andrea Hirata ini.

Nah, jejak-jejak film "Laskar Pelangi" ini masih bisa kamu temukan di Belitung dengan mengunjungi SD Laskar Pelangi yang menjadi lokasi pengampilan gambar film "Laskar Pelangi" yang dibangun sebagai replika SD Muhammadiyah Gantong di dalam cerita tersebut.

Halaman:

Editor: Irvan Ali Fauzi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X