• Sabtu, 4 Desember 2021

Kementerian LHK Prediksi, Wisata Alam Jadi Tujuan Utama Masyarakat Habiskan Waktu Libur

- Rabu, 24 November 2021 | 21:58 WIB
Pemandangan alam yang indah (IG @yasinta95)
Pemandangan alam yang indah (IG @yasinta95)

TourismNews.id - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memprediksi, wisata alam jadi tujuan utama masyarakat habiskan waktu libur, seiring melandainya angka kasus Covid-19. Tren wisata masyarakat kini kembali ke alam dari sebelumnya wisata belanja. 

Wakil Menterk LHK Alue Dohong mengatakan, peluang wisata alam jadi tujuan utama masyarakat habiskan waktu libur harus ditangkap para pengelola. Menurutnya pengelola tempat wisata harus lebih kreatif. 
 
Dia menyarankan agar pengelola wisata alam menciptakan produk-produk yang mengedepankan pariwisata berkualitas dan sehat. 
 
 
Wamen Alue mengatakan, diversifikasi produk wisata antara alam dan budaya masyarakat adalah kombinasi yang paling menarik. Hal ini bisa menjadi strategi pengembangan wisata alam di era adaptasi Covid-19. 
 
"Dengan strategi ini diharapkan pemulihan ekonomi melalui reaktivasi wisata alam akan terus meningkat," jelas Wamen Alue, dalam siaran media yang diterima tourismNews.id, Rabu, 24 November 2021. 
 
Program reaktivasi wisata alam di kawasan konservasi pada 106 unit Taman Nasional (TN) dan Taman Wisata Alam (TWA) oleh KLHK, menjadi pendorong kebangkitan pariwisata dan ekonomi. Momentum kebangkitan ini harus disertai dengan perubahan strategi pengelolaan wisata alam, jadi lebih mengutamakan kenyamanan dan kesehatan pengunjung.
 
 
Berdasarkan data Direktorat Pengelolaan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi (PJLHK) hingga Oktober 2021, nilai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari pariwisata alam di suaka margasatwa, taman nasional dan taman wisata alam turun 68,5 persen dari tahun 2019. Hal ini tentu dipahami sebagai akibat penutupan kawasan dampak pandemi covid 19.
 
Dia berharap, angka kasus Covid-19 tidak mengalami peningkatan signifikan sehingga program pengembangan wisata alam berjalan dengan baik. Sehingga wisata alam tetap jadi tujuan utama masyarakat habiskan waktu libur bersama keluarga. ***

Editor: Dian Riski Rosmayanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X