• Sabtu, 4 Desember 2021

Rinjani Geopark Tourism Festival Berpusat di Lombok Timur

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 13:59 WIB
Pemandangan Gunung Rinjani (Kemenparekraf)
Pemandangan Gunung Rinjani (Kemenparekraf)

TourismNews.id - Satu lagi event sport tourism digelar di NTB yaitu Rinjani Geopark Tourism Festival 2021. Event ini diinisiasi oleh Rinjani Lombak UNESCO Global Geopark (RL-UGGp) dan resmi dibuka hari Minggu, 24 Oktober 2021 bertempat di Pusat Informasi Geopark Rinjani, Sembalun, Lombok Timur. Direncanakan event ini akan berakhir pada 7 November 2021.

Dalam pembukaannya, event ini menghadirkan perangkat Desa Sembalun, Ketua BPPD Lotim, Sekda Lotim, Danlanud, dan Kadispar NTB yang mewakili Gubernur NTB memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi. Pada sambutannya, Kadispar NTB, H. Yusron Hadi menyampaikan bahwa event ini memberi dampak dalam sektor kepariwisataan dan juga sebagai langkah dalam mempromosikan Sembalun lebih luas lagi.

Sembalun sendiri adalah salah satu destinasi wisata yang menarik di Lombok. Kadispar NTB menilai, gelaran Rinjani Geopark sport tourism festival 2021 ini bisa menjadi sebuah upaya dalam rangka memulihkan kepariwisataan di NTB setelah pekan sebelumnya HK Endurance Challenge sukses di gelar.

Baca Juga: Trenggalek, Surga di Jawa Timur dengan Pantai Indah dan Durian Lezat

“Kita insyaAllah bisa membuktikan bahwa NTB di dalam masa pandemi ini masih bisa melaksanakan event kepariwisataan dan sport tourism secara aman dan sehat. NTB lebih siap untuk kembali bangkit, kembali pulih wisatanya setelah melalui serangkaian gelaran event ini," ungkap Yusron dikutip dari laman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB.

Di antara event internasional yang dilaksanakan di NTB seperti event HK Endurance Challenge, Rinjani Geopark Sport Tourism Festival, dan WSBK NTB, Yusron menyebutkan kata kuncinya adalah kolaborasi. Semua event-event tersebut bisa terselenggara dengan baik dan lancar karena kerja sama dari banyak pihak.

"Festival kolaboratif itu bisa pembukaan, pelaksanaan event, dan penutup dilakukan di daerah berbeda dalam satu kawasan, sehingga semua dapat merasakan manfaat dan dampaknya akan lebih besar, seperti misal ke depan pembukaan festival bisa diselenggarakan di Sembalun, ragam kegiatannya bisa menyebar hingga semua area Geopark Rinjani baik daerah di sisi tengah, selatan maupun barat. Demikian juga Festival lainnya di NTB bisa seperti itu," jelas Yusran.

Baca Juga: Festival Sriwijaya XXIX di Palembang, Diharapkan Dapat Meningkatkan Penjualan UMKM

General Manager Geopark Rinjani sekaligus event director, Mohammad Farid Zaini menerangkan, event ini dikemas dalam bentuk festival dan kegiatannya terdiri dari 3 main event dan 6 additional event. Seluruh kegiatan akan dipusatkan di Pusat Informasi Geopark Rinjani (PIGR) Sembalun – Lombok Timur.

Halaman:

Editor: Arif Kusuma Fadholy

Tags

Terkini

X