• Sabtu, 4 Desember 2021

Pemkot Pekalongan akan Mengecat Becak-becak dengan Motif Batik

- Senin, 25 Oktober 2021 | 16:57 WIB
Becak Pekalongan akan Dicat Motif Batik oleh Pemkot Pekalongan (Twitter @infopekalongan)
Becak Pekalongan akan Dicat Motif Batik oleh Pemkot Pekalongan (Twitter @infopekalongan)

TourismNews.id – Naik becak di Pekalongan akan bertambah seru, dikarenakan transportasi tradisional ini akan dicat dengan motif batik yang indah, sehingga lebih cantik dan menarik. Hal ini sesuai dengan julukan Pekalongan sebagai kota batik.

Dalam upaya mempertahankan keberadaan angkutan yang ramah lingkungan itu, Pemerintah Kota Pekalongan telah berinisiasi untuk melakukan pengecatan kendaraan becak dengan motif batik. Dengan tampilan yang lebih cantik, diharapkan akan menarik minat penumpang dan wisatawan untuk naik becak.

Kepala Seksi Angkutan dan Terminal Dinas Perhubungan Kota Pekalongan Didik Supriyadi mengatakan, ada sekitar 100 becak yang akan dicat pada bagian samping kiri dan kanan dengan berbagai macam motif batik Pekalongan. Motif asli batik Pekalongan sebenarnya ada banyak macamnya, di antaranya jlamprang, liong, semen, lung-lungan, tujuh rupa, sawat, buketan, terang bulanz.dan pisang bali.

Baca Juga: Festival Sriwijaya XXIX di Palembang, Diharapkan Dapat Meningkatkan Penjualan UMKM

Bayangkan, betapa cantiknya warna-warna terang motif batik Pekalongan berseliweran di seputar kota. Memandangnya saja membuat kita senang, apalagi menaikinya becak yang berhiaskan motif tersebut, membuat kita bangga.

Becak-becak itu akan diberi jok bertuliskan “Yuk Numpak Becak” dan bagian samping kiri dan kanannya dicat berbagai macam motif batik Pekalongan. Pihaknya ingin agar becak tetap diakui eksistensinya di tengah munculnya beragam moda transportasi jenis kendaraan bermotor.

"Becak-becak di Pekalongan akan dipercantik agar menarik bagi masyarakat. Untuk pengecatan becak bermotif batik ini, masuk dalam pembinaan dan pemeliharaan angkutan tidak bermotor oleh Dinas Perhubungan dan ditargetkan sebanyak 100 becak pada tahun ini," kata Didik.

Baca Juga: Jalan-jalan ke Bali? Jangan Lupa Mampir Beli Oleh-oleh di Sini

Ia melanjutkan, selain untuk melestarikan becak, program itu sebagai upaya mendukung pariwisata yang ada di daerah setempat. Becak-becak itu dipercantik untuk memberikan daya tarik wisata yang nantinya bisa digunakan sebagai jasa transoprtasi untuk wisatawan yang akan berkunjung ke sejumlah objek wisata maupun pusat kuliner.

Halaman:

Editor: Arif Kusuma Fadholy

Tags

Terkini

X