• Sabtu, 4 Desember 2021

Sate Blengong, Kuliner Khas Brebes dengan Sensasi Gurih Menggoda Incaran Para Pejabat

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 07:10 WIB
Gerobak Ketupat Glabet dan Sate Blengong di Gandul.
Gerobak Ketupat Glabet dan Sate Blengong di Gandul.

TourismNews.id - Brebes tidak hanya identik dengan bawang merah atau telur asin. Brebes juga memiliki kuliner khas yang tidak akan pernah anda temui di tempat lain, sate blengong.

Blengong adalah hewan hasil persilangan antara entok atau itik (Cairina moschata) dan bebek (Anas platyrhynchos), di beberapa daerah disebut juga dengan tongki. Penampilannya adalah perpaduan antara entok dan bebek

Kuliner khas daerah penghasil bawang merah ini, digandrungi oleh banyak pejabat dan pemburu kuliner lokal. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua Umum PDI Perjuangan dalah diantara pejabat yang menggandrungi kuliner ini.

Baca Juga: Wisata Religi di Masjid Agung Banten, Arsitekturnya Mirip Pagoda

Seperti sate pada umunya daging blengong yang sudah dipotong-potong ditusuk dengan tusuk sate, bedanya tusuk sate untuk sate blengong lebih panjang-panjang. Sehingga jangan membayangkan kalau anda makan sate blengong akan mampu menghabiskan satu kodi (20) tusuk seperti sate kambing atau ayam biasanya

Sate blengong bisa dibakar atau dimasak dengan campuran rempah khas Brebes dengan tambahan santan kental. Bila dibakar anda bisa memesan dengan campuran sambel kacang atau sambel kecap seperti sate kambing.

Penambahan santan memberikan sensasi gurih dengan lelehan kuah yang berlemak, sensasi inilah yang banyak digandrungi oleh para pemburu kuliner.

Baca Juga: Lumpia Samijaya, Salah Satu Primadona Kuliner Yogyakarta

Menikmati sate belengong biasanya bersama dengan kupat, lalu ditaburi dengan krupuk pasar (krupuk kecil-kecil berbahan tepung tapioka). Bila anda penggemar selera pedas maka bisa juga ditambahkan sambal.

Halaman:

Editor: Irvan Ali Fauzi

Tags

Terkini

X