• Sabtu, 4 Desember 2021

Perayaan Sekaten Yogyakarta di Tiga Mall

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 02:24 WIB
Walikota Yogyakarta Menghadiri Perayaan Sekati YK Ing Mall
Walikota Yogyakarta Menghadiri Perayaan Sekati YK Ing Mall

TourismNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menyelenggarakan event semacam pasar industri kreatif bernama Sekati YK Ing Mall. Event ini membawa suasana perayaan Sekaten, namun diadakan di dalam mall.

Penyelenggaraan Sekati YK Ing Mall telah dibuka pada hari Rabu (13 Oktober 2021) hingga Senin (18 Oktober 2021). Acara tersebut diadakan di tiga tempat, yakni Galeria Mall, Malioboro Mall, dan Lippo Plaza.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan, Sekati YK Ing Mall pertama kali digelar tahun ini dan salah satunya juga untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-265 Kota Yogyakarta. Event ini selaras dengan semangat HUT Kota Yogyakarta tahun ini, yaitu Tanggap, Tanggon, dan Tuwuh.

Baca Juga: Presiden Sambangi Malioboro, Bukti Wisatawan Aman Berkunjung ke Objek Wisata di Yogyakarta

“Semoga ini menambah kesemarakan HUT ke-265 kota Yogyakarta. Ada slogan Tanggap, Tanggon, dan Tuwuh. Ada juga YK City, branding Yogyakarta yang terbaru,” kata Haryadi dikutip dari siaran pers.

Ia menjelaskan, suasana sekaten yang dihidupkan dalam mall salah satunya diwujudkan dengan adanya bregodo serta gunungan produk UMKM. Di sisi lain, prosesi Sekaten tetap diselenggarakan oleh Kraton Yogyakarta. Menurutnya, kegiatan Sekati YK Ing Mall tahun ini menjadi penanda akan diselenggarakan acara serupa setiap tahunnya.

“Kami akan teruskan kegiatan ini. Kalau masih dalam situasi seperti ini kami akan buat gelaran Sekaten indoor namanya Sekati,” tegas Haryadi.

Baca Juga: Pemda DIY Dukung Pemuliaan dan Pemanfaatan Kembali Candi Prambanan

Pihak Pemkot Yogyakarta juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pimpinan tiga mall tersebut terkait partisipasi serta penyediaan tempat untuk kegiatan Sekati YK Ing Mall tahun ini. Haryadi juga berterima kasih kepada seluruh pihak, di antaranya para pelaku UMKM industri kreatif yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

Halaman:

Editor: Ahmad Husni

Tags

Terkini

X