• Sabtu, 4 Desember 2021

Pelaku Usaha Pariwisata Yogyakarta Dapatkan Sertifikat CHSE

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:20 WIB
Pemberian CHSE kepada pelaku usaha
Pemberian CHSE kepada pelaku usaha

TourismNews.id - Sertifikat Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability atau CHSE diberikan kepada para pelaku usaha pariwisata wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Pemberian CHSE kepada pelaku usaha tersebut diberikan langsung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Kelima pelaku usaha itu meliputi Museum Gunungapi Merapi, Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Hotel Kotta GO Yogyakarta, De Mangol Resto and Picnic Ground, dan Kolona Kitchen and Coffee.

Dengan sertifikat CHSE ini, industri wisata bisa kembali bergeliat di tengah penerapan PPKM Level 3. Hingga kini, sudah ada 12 ribu usaha pariwisata yang tersertifikasi CHSE hingga akhir tahun 2021. Kemenparekraf menggandeng PT SUCOFINDO untuk pelaksana proses audit dan sertifikasi CHSE.

Inspektur Utama Kemenparekraf Restog Krisna Kusuma mengatakan, industri pariwisata merupakan salah satu sektor yang terdampak di masa pandemi Covid-19 ini.

“Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah strategis untuk menjaga resiliensi industri dan usaha pariwisata salah satunya dengan menerapkan standar protokol kesehatan bagi usaha pariwisata agar jumlah wisatawan kembali meningkat dan sektor pariwisata bangkit kembali, yaitu melalui inisiasi program CHSE dari Kemenparekraf,” papar Restog sebagaimana dikutip dari siaran pers.

Penyerahan sertifikat ini dilakukan oleh Inspektur Utama Kemenparekraf, Restog Krisna Kusuma didampingi oleh Direktur Utama PT SUCOFINDO (Persero) Mas Wigrantoro Roes Setiyadi.

Penyerahan ini berlangsung dalam perhelatan Rapat Pimpinan Nasional PT SUCOFINDO (Persero), yang juga merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun ke-65 SUCOFINDO yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2021.

Sedikit informasi, pada program CHSE ini, Kemenparekraf memang bekerja sama dengan PT SUCOFINDO (Persero) sebagai pelaksana proses audit dan sertifikasi.

“Kami berterima kasih, atas pelaksanaan pekerjaan yang telah dilakukan Sucofindo, yaitu dalam melaksanakan sertifikasi bagi usaha pariwisata sesuai kriteria dan kecukupan kuota yang ditetapkan dalam Kemenparekraf, sehingga program CHSE sejauh ini berjalan baik dan inshaAllah dapat mencapai 12 ribu usaha pariwisata yang bisa tersertifikasi hingga akhir tahun 2021,” jelas Restog.

Halaman:

Editor: Ahmad Husni

Tags

Terkini

X