• Sabtu, 4 Desember 2021

Meminta Wisata Kepulauan Seribu Dibuka, upati Surati Kemenparekraf

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 13:41 WIB
Tempat wisata di Kepulauan Seribu
Tempat wisata di Kepulauan Seribu

TourismNews.id - Rencana dibuka kembalinya objek wisata ditanah air disambut baik oleh masyarakat. Keinginan agar wisata ditanah air kembali beroprasi juga mendapat sorotan dari Bupati Kepulauan Seribu Junaedi yang meminta pemerintah pusat mengizinkan uji coba pembukaan pariwisata di wilayahnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini Pemerintah mengizinkan uji coba tempat wisata di wilayah yang menerapkan PPKM level 3. Di DKI Jakarta sendiri, setidaknya ada 3 tempat wisata yang menjalankan uji coba. Namun untuk kawasan kepulauan seribu belum mendapatkan ijin untuk membuka lokasi wisata.

Junaedi menuturkan, selama ini masyarakat mengandalkan sektor pariwisata dalam mencari penghasilan.Tempat wisata di Kepulauan Seribu hingga saat ini belum dibuka. Ini dikarenakan belum mendapat rekomendasi pembukaan dari Kementerian Pariwisatan dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Tempat wisata di Kepulauan Seribu

"Sebagai potensi tenaga kerja dan ekonomi kreatif, harapannya ingin segera dibuka. Karena mereka (warga) potensinya hanya wisata di sana," kata Junaedi di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga : Turis Asing Yang Sudah Divaksin Boleh Berwisata Ke Thailand

Junaedi mengakui pihaknya telah berkirim surat ke Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang juga menjabat Koordinator PPKM Jawa-Bali untuk membuka pariwisata Kepulauan Seribu. Setelah surat itu diproses, mekanisme selanjutnya yaitu menunggu turunnya rekomendasi dari Kemenparekraf.

"Kita tinggal menunggu rekomendasi dari Kemenparekraf, kan di situ ada tim, ada tim dari Menkomarves, mudah mudahan, kami juga sudah bersurat dua kali, juga yang terakhir bersurat ke Menko Marves (Luhut), artinya ini ya secepatnya dibuka," terangnya.

pilau Pramuka di Kepulauan Seribu

Halaman:

Editor: Ahmad Husni

Tags

Terkini

X