• Rabu, 27 Oktober 2021

Erick Thohir Melihat Kesiapan Bali Menyambut Wisatawan Asing

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 15:21 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat mengunjungi Gubernur Bali, Wayan Koster di Gedung Jayasabha,
Menteri BUMN Erick Thohir saat mengunjungi Gubernur Bali, Wayan Koster di Gedung Jayasabha,

TourismNews.id - Jelang diberlakukannya penerbangan internasional menuju Bali,Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan kesiapannya. Rencananya Bandara Internasional Ngurah Rai Bali direncanakan membuka penerbangan internasional pada 14 Oktober 2021.

Erick Thohir menjelaskan, kedepanya harus siap terkait dengan kesiapan dan kewaspadaan Angkasa Pura sebagai pengelola bandara, dan penambahan akses penerbangan ke Bali melalui Garuda Indonesia atau Citilik.Bukan hanya sekedar siap, fasilitas penunjang lainnya di Bali harus jadi perhatian khusus.

Kesiapan tersebut disampaikan Erick Thohir saat melakukan pertemuan bersama Gubernur Bali Wayan Koster di Denpasar, Bali pada Selasa (5/10/2021) kemarin. "Kami akan memaksimalkan perusahaan BUMN yang terkait dengan pembukaan penerbangan internasional ini agar niat baik untuk membangkitkan Bali berjalan maksimal," ujarnya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (6/10/2021).

Baca Juga : Puan Maharani : Hadirnya Wisatawan Asing Hidupkan Ekonomi Rakyat

Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mempersiapkan Bali dalam menghadapi era normal baru khususnya di sektor pariwisata serta mengakselerasi pemulihan ekonomi di wilayah Bali dan sekitarnya.

"Serta kami menyiapkan fasilitas kesehatan di Bali yang melibatkan BUMN holding rumah sakit dan juga farmasi," kata Erick.

Menurutnya, meski pembukaan penerbangan internasional dipenuhi rasa antusiasme dan optimistis tinggi, namun kesiapan dan kewaspadaan tetap menjadi perhatian utama. Terlebih dalam hal kesiapan infrastruktur, prosedur kesehatan, dan keselamatan. "Sebab meski pandemi Covid-19 sudah jauh menurun, tapi tidak ada jaminan 100 persen terproteksi," ungkap dia. Oleh karena itu, lanjutnya, kesiapan dan kewaspadaan Bandara Internasional Ngurah Rai sebagai akses utama para wisatawan harus benar-benar terjaga dan ditingkatkan.

Baca Juga : Kesuksesan dan Kekurangan Desa Wisata Kaki Langit Mangunan Bantul

Hal itu agar dalam kondisi yang tidak ada jaminan penuh terproteksi dari Covid-19, para turis dan masyarakat tetap menomorsatukan kedisplinan dengan selalu menggunakan masker dan menjaga kesehatan. Menurutnya, pariwisata Bali harus kembali bangkit dari pandemi, yang sekaligus sebagai salah satu indikator bahwa Indonesia secara perlahan tapi pasti, sudah mulai bersiap bangkit dari pandemi.

Halaman:

Editor: Ahmad Husni

Tags

Terkini

Perayaan Sekaten Yogyakarta di Tiga Mall

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 02:24 WIB
X