• Rabu, 27 Oktober 2021

Kesuksesan dan Kekurangan Desa Wisata Kaki Langit Mangunan Bantul

- Senin, 11 Oktober 2021 | 18:18 WIB
Menparekraf menetapkan Desa Wisata Kaki Langit Mangunan masuk dalam 50 desa wisata terbaik di Indonesia. (Pemkab Bantul)
Menparekraf menetapkan Desa Wisata Kaki Langit Mangunan masuk dalam 50 desa wisata terbaik di Indonesia. (Pemkab Bantul)

TourismNews.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menetapkan Desa Wisata Kaki Langit, Mangunan, Bantul masuk dalam 50 desa wisata terbaik di Indonesia. Menparekraf, Sandiaga Salahudin Uno telah menyempatkan diri berkunjung ke objek wisata tersebut pada Minggu (10/10/2021). Di sana ia juga memaparkan apa-apa saja kesuksesan yang telah dicapai dan kekurangan yang harus segera dibenahi agar Desa Wisata Kaki Langit lebih baik lagi.

Sandiaga berharap, agar penetapan tersebut dapat membangkitkan desa wisata dan ekonomi masyarakat. Menurutnya, salah satu yang menjadi kunci daripada kesuksesan desa wisata Kaki Langit adalah kemampuan dalam menggeliatkan perekonomian warga sekitar, yakni dengan membuka usaha jasa pariwisata dan ekonomi lainnya.

"Selain dari pada kemampuan kita untuk melibatkan masyarakat, juga ada 400 lebih usaha baru yang tumbuh sejak desa wisata ini berkegiatan. Jika 400 dikali empat berarti ada 1.600 orang yang mendapatkan lapangan pekerjaan," ujarnya dikutip dari laman Pemkab Bantul.

Sandiaga melanjutkan, kesuksesan Desa Wisata Kaki Langit Mangunan juga tidak lepas dari kebijakan kepemimpinan Pemda DIY yang telah memberdayakan masyarakat. Selain itu, Gubernur DIY dianggap juga memberikan perhatian khusus terkait peningkatan sarana akses jalan menuju kawasan wisata, sehingga perjalanan semakin lancar dan nyaman.

Baca Juga: Keindahan Danau Toba dan Letusan Gunung Supervolcano

Rencananya di Desa Wisata Kaki Langit juga akan dibuka Pasar Semi Kaki Langit yang menyediakan berbagai olahan tradisional. Di antaranya gudeg manggar, thiwul, kicak, cemplon, botok, sayur lompong, bledak, mie lethek, gudangan, pecel, sayur bobor, sayur jambu mete, sambel terong, sambal bawang, sambal jenggot, sayur oyok-oyok, dan sebagaianya.

Hal yang Perlu Diperbaiki

Saat Sandiaga berkunjung di Desa Wisata Kaki Langit, salah satu kendala yang dihadapi adalah kesulitan mengakses aplikasi PeduliLindungi. Hal itu dikarenakan sinyal internet yang tidak stabil atau terganggu.

"Saya mengalami sendiri. Saya pakai PeduliLndungi (sinyal) muter-muter terus tidak habis-habis, sampai panas ponsel saya," ujar Sandiaga.

Halaman:

Editor: Ahmad Husni

Sumber: Pemkab Bantul

Tags

Terkini

Perayaan Sekaten Yogyakarta di Tiga Mall

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 02:24 WIB
X