• Rabu, 27 Oktober 2021

Gerakan Wisata Sehat Pulihkan Bisnis UMKM dan Industri Pariwisata

- Senin, 11 Oktober 2021 | 09:05 WIB
gerakan wisata sehat sebagai solusi berwisata
gerakan wisata sehat sebagai solusi berwisata

TourismNews.id - Kebangkitan industri wisata terdampak pandemi COVID 19 di Indonesia mengarah pada gerakan wisata sehat sebagai solusi berwisata. Gerakan wisata sehat kedepanya juga akan berdampak pada kinerja pelaku UMKM yang mendukung industri tersebut.

Yogyakarta yang selama ini menjadi salah pilihan destinasi wisata masyarakat baik lokal maupun luar negeri. Keberadaan wisata alam, kebudayaan sejarah dan kuliner menjadi magnet banyak pelancong menyambangi kota yang pernah menjadi ibu kota Indonesia. Maka dianggap perlu untuk menerapkan gerakan wisata sehat agar wisatawan kembali marak menggunjungi Yogyakarta

Sektor pariwisata di kota Yogyakarta menjadi salah satu yang sangat terdampak adanya pembatasan sosial dan karantina wilayah. Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi berusaha keras untuk menghidupkan kembali wisata dikota ini, selain menyusun protokol kesehatan, Yogyakarta juga memiliki gerakan Yogya untuk Yogya. Yaitu bagaimana warga Yogya bisa menghidupi ekonomi Yogyakarta itu sendiri.

Baca Juga : Jokowi : Hutan Mangrove Paduan Fungsi Edukasi Dan Wisata

"Ada pula program Yogya Untuk Semuanya, agar melalui banyak koridor, wisatawan kembali menuju kota Yogya," Ujar Heroe dalam webinar Penerapan Literasi Digital dan Pemanfaatan Teknologi pada Desa Wisata Budaya dalam Momentum Kebiasaan Baru Pariwisata, dikutip dari keterangannya, Sabtu, 9 Oktober 2021.

Sementara menurut Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kemkominfo Septriana Tangkary, salah satu upaya pemerintah mendorong pariwisata dan pemulihan ekonomi adalah percepatan vaksinasi kepada masyarakat.

“Mari kita gerakkan vaksinasi door-to-door. Sehingga per bulan Desember 2021 dapat mencapai 80 persen sehingga dan pariwisata dapat dijalankan dengan nyaman dan tenang,“ jelasnya.

Baca Juga : Tempel Pedulilindungi, Tiket.com Perkuat Pariwisata Indonesia

GKR Bendara yang juga hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pariwisata merupakan magnet sebuah daerah. Namun saat pandemi ini seolah berhenti sejenak untuk beristirahat.

Halaman:

Editor: Ahmad Husni

Tags

Terkini

Perayaan Sekaten Yogyakarta di Tiga Mall

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 02:24 WIB
X