• Rabu, 27 Oktober 2021

Pemda DIY Dukung Pemuliaan dan Pemanfaatan Kembali Candi Prambanan

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 21:41 WIB
Pemda DIY Dukung Pemuliaan Kembali Candi Prambanan (Eugenia Clara)
Pemda DIY Dukung Pemuliaan Kembali Candi Prambanan (Eugenia Clara)

TourismNews.id - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendukung rencana Kementerian Agama RI dalam pemanfaatan dan pemuliaan kembali Candi Prambanan sebagai tempat ibadah umat Hindu Nusantara dan Dunia. Pemda DIY mendorong agar Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyakarat Hindu segera melaksanakan konsep untuk menjadikan Candi Prambanan tidak hanya sebagai tempat wisata, namun juga sebagai tempat peribadatan, khususnya bagi umat Hindu.

Pada tanggal 7 Oktober 2021, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI Tri Handoko Seto didampingi Kakanwil Kemenag DIY, Ketua Umum Tim Kerja Pemanfaatan Candi Prambanan dan Ketua PHDI DIY Untung Waluyo telah menyampaikan rencana pemanfaatan Candi Prambanan. Hal itu sesuai dengan amanat Undang-Undang No. 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya yang salah satunya untuk memperhatikan pemanfaatannya di bidang keagamaan.

“Seperti yang Bung Karno pernah sampaikan, Ambil Apinya Jangan Abunya. Jika kita mewarisi semangat Candi Prambanan itu, maka kita bisa jadi bangsa yang besar," katanya dikutip dari web resmi Pemda DIY.

Baca Juga: Bangkitnya Pariwisata Olahraga Tingkat Internasional di Sirkuit Pertamina Mandalika

Tri menerangkan, Candi Prambanan bukan hanya artefak saja, tetapi juga peninggalan para leluhur yang memiliki ruh semangat pembangunan. Menurutnya, pelestarian dan pemanfaatan Candi Prambanan akan memberi manfaat bagi masyarakat sekitar, bangsa, dan negara.

Dia menjelaskan, pihaknya sedang menyusun konsep serta rincian program pemanfaatan dan pemuliaan Candi Prambanan. Setelah itu, rencana itu akan segera dilaksanakan secepatnya.

Tri juga optimis program tersebut dapat membangkitkan pemberdayaan ekonomi umat di sekitar. Ia pun berharap agar Candi Prambanan semakin digandrungi sebagai destinasi wisata religi.

Baca Juga: 337 Daya Tarik Wisata di Jawa Tengah Dibuka Terbatas

"Pemanfaatan Candi Prambanan sebagai destinasi kunjungan religi dunia akan mampu menjadi pemantik banyak studi dari berbagai disiplin ilmu, memajukan bangsa sekaligus memperindah untaian keragaman budaya Nusantara. Selain itu, penerapan norma religiusitas dan kesucian terkait dengan akses pengunjung serta mendukung partisipasi aktif dalam berbagai kegiatan dan literasi budaya," pungkas Tri.

Halaman:

Editor: Ahmad Husni

Sumber: Pemda DIY

Tags

Terkini

Perayaan Sekaten Yogyakarta di Tiga Mall

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 02:24 WIB
X