• Rabu, 27 Oktober 2021

Sambut Hari Batik, Kempenparekraf dan LAKON Indonesia Gelar "Gantari: The Final Journey to Java” di Candi Pram

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 12:41 WIB
Sambut Hari Batik, "Gantari: The Final Journey to Java” Tampilkan Parade Kekayaan Budaya dan Tradisi Indonesia
Sambut Hari Batik, "Gantari: The Final Journey to Java” Tampilkan Parade Kekayaan Budaya dan Tradisi Indonesia

TourismNews.id - Menyambut Hari Batik Nasional, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerjasama dengan LAKON Indonesia dan Jakarta Fashion & Food Festival (JF3) menggelar GANTARI: The Final Journey to Java di komplek Candi Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu mendatang 9 Oktober 2021.

Melalui pagelaran ini, LAKON Indonesia mempresentasikan kekayaan pakaian atau kain tradisional Indonesia dan juga budaya dan tradisi Indonesia yang bernilai tinggi. GANTARI menjadi penutup rangkaian acara Jakarta Fashion & Food Festival (JF3), sekaligus memperingati Hari Batik Nasional.


Meski acaranya digelar secara hybrid dengan penonton terbatas dan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat, pagelaran ini akan menghadirkan parade busana 100 orang model yang mempresentasikan 100 koleksi pakaian siap pakai. Beragam koleksi ini mengangkat hasil karya pengrajin tradisional berupa kain batik, jumputan, dan tenun lurik dengan bahan serat alami yang sangat cocok dipakai untuk iklim tropis Indonesia.

Menariknya lagi, peragaan busana kali ini akan diiringi dengan tarian dan musik gamelan Jawa. Kapan lagi bisa memeriahkan Hari Batik Nasional dengan cara kekinian? Selain peragaan busana, tampil pagelaran wayang kulit dan video presentasi “Metamorfosa” yang membuat acara ini layak ditunggu.

 Baca Juga: 337 Daya Tarik Wisata di Jawa Tengah Dibuka Terbatas

LAKON Indonesia berharap penyelenggaraan GANTARI ini membawa karya Indonesia semakin dikenal dan dihargai oleh dunia internasional, sehingga membuka peluang untuk kemajuan ekonomi masyarakat luas. Selain itu, lebih banyak kalangan bisa merayakan Hari Batik Nasional dan menjadikan batik sebagai suatu karya seni kebanggaan asli milik bangsa Indonesia.

"Kami ingin menunjukkan semangat bahwa pandemi ini tidak melemahkan, melainkan menyatukan kita untuk dapat bergerak bersama dan membuat pembaharuan yang menguatkan Indonesia,” ungkap Thresia Mareta, Pendiri LAKON Indonesia.

Sambut Hari Batik, "Gantari: The Final Journey to Java” Tampilkan Parade Kekayaan Budaya dan Tradisi Indonesia

Acara ini seakan menjadi pembuktian para penggiat seni untuk tidak surut semangat dalam berkarya. Pandemi menjadi inspirasi dan semangat baru untuk saling menguatkan, dan tidak dijadikan halangan untuk terus berkarya.

Halaman:

Editor: Irvan Ali Fauzi

Tags

Terkini

Perayaan Sekaten Yogyakarta di Tiga Mall

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 02:24 WIB
X