• Rabu, 27 Oktober 2021

Dinilai Rusak Ekosistem Kebun Raya Bogor, Atraksi Gemerlap Lampu GLOW Menuai Protes

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 09:14 WIB
Para budayawan Bogor menggelar unjuk rasa penolakan rencana pembukaan wisata malam Kebun Raya Bogor, Jumat 1 Oktober 2021. (Chris Dale)
Para budayawan Bogor menggelar unjuk rasa penolakan rencana pembukaan wisata malam Kebun Raya Bogor, Jumat 1 Oktober 2021. (Chris Dale)

TourismNews.id - Rencana atraksi permainan lampu warna-warni di malam hari bertajuk GLOW di Bogor">Kebun Raya Bogor menuai protes dari masyarakat. Para pecinta lingkungan dan budaya menilai, atraksi GLOW akan merusak ekosistem Bogor">Kebun Raya Bogor.

GLOW disebut-sebut akan menjadi andalan wisata malam Bogor">Kebun Raya Bogor. Pengunjung akan dihibur oleh permainan lampu yang menerangi pohon-pohon, serta animasi video dengan pohon-pohon sebagai layar.

Dalam promosi yang sudah menyebar, atraksi GLOW di Bogor">Kebun Raya Bogor akan menjadi wisata malam bernuansa digital, inovasi baru, sensasi jelajah ditemani instalasi lampu gemerlap.

Baca Juga: Keindahan, Geologi, dan Cerita Rakyat Gunung Api Purba Nglanggeran

Masyarakat yang menolak kehadiran GLOW menilai, wisata atraksi lampu malam itu akan merusak ekosistem di kebun Raya Bogor sendiri. Karena itu para pecinta lingkungan memprotes dengan melakukan petisi.

Komunitas Peduli Bogor">Kebun Raya Bogor yang diprakarsai Dr. Satyawan Sunito membuat petisi terkait penolakan Glow, serta dukungan Bogor">Kebun Raya Bogor sebagai situs warisan dunia. Hingga Senin, 4 Oktober 2021, sebanyak 8.688 orang telah menandatangani petisi tersebut.

Petisi lainnya juga dibuat oleh Komunitas Sepakat Bogor. Dalam laman Change.org, Komunitas Sepakat Bogor meminta dukungan terkait penyelamatan kawasan konservasi dan cagar budaya Bogor">Kebun Raya Bogor dari komersialisasi yang dapat merusak ekosistem.

Baca Juga: Aplikasi Kamelia untuk Tingkatkan Pariwisata Kota Yogyakarta

Hingga Senin kemarin, sebanyak 18.353 orang telah menandatangani petisi tersebut.

Halaman:

Editor: Irvan Ali Fauzi

Tags

Terkini

Perayaan Sekaten Yogyakarta di Tiga Mall

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 02:24 WIB
X