• Rabu, 29 Juni 2022

Lezatnya Kapurung, Makanan Tradisional Masyarakat Luwu , Ini Dia Resep dan Cara Membuatnya!

- Senin, 24 Januari 2022 | 14:00 WIB
Kapurung yang memikat hati dengan sensasi rasa menyegarkan (brisik.id)
Kapurung yang memikat hati dengan sensasi rasa menyegarkan (brisik.id)

TourismNews.id – Kapurung adalah salah satu makanan tradisional khas masyarakat Luwu Raya (Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara dan Luwu Timur, serta daerah sekitarnya). Saat ada hajatan atau acara keluarga, masyarakat Luwu selalu menyajikan kapurung.

Kapurung sendiri sangat terkenal di kalangan orang Luwu sebagai pemersatu anak Luwu di tanah rantau. Di Makassar, sudah banyak berdiri rumah makan yang menyediakan kapurung.

Tanah Luwu merupakan salah satu daerah yang hasil sagunya melimpah di Sulawesi Selatan. Terutama Luwu Utara dikenal sebagai kabupaten penghasil sagu terbesar di Sulawesi Selatan.

Baca Juga: KLHK Gelar Festival Pesona Kopi Agroforestry, Yuk ke Manggala Wanabakti untuk Menyaksikannya

Nah Kapurung ini terbuat dari bahan utama yang berasal dari hasil daerah tersebut. Yaitu tepung sagu yang dimasak dengan campuran ikan, ayam, atau udang. Serta aneka sayuran.

Bagi Anda yang masih penasaran dengan kapurung, berikut ini TourismNews.Id membagikan resep untuk Anda, yang dirangkum dari berbagai sumber.

Bahan Utama: ½ kg tepung sagu/tapioka, garam dan air secukupnya

Baca Juga: Camilan Pisang Epe Khas Makassar. Yuk, Cobain Tiga Varian Toppingnya

Bahan kuah Ikan: ½ kg ikan tongkol dengan bumbu secukupnya (jeruk nipis, garam, bawang putih, bawang merah, serai, jahe, daun salam, daun jeruk, kunyit, dan bumbu penyedap)

Halaman:

Editor: Irvan Ali Fauzi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X