• Kamis, 20 Januari 2022

Resep Si Manis Kue Barongko. Menu Andalan Sulawesi Selatan dan Hidangan Kaum Bangsawan di Masa Lampau.

- Kamis, 2 Desember 2021 | 21:41 WIB
Si manis kue barongko, menu andalan di Sulawesi Selatan dan pernah jadi hidangan kaum bangsawan.  (Intasgram @barongkomelulu)
Si manis kue barongko, menu andalan di Sulawesi Selatan dan pernah jadi hidangan kaum bangsawan. (Intasgram @barongkomelulu)

TourismNews.id - Jika Anda singgah di Kota Makassar atau kota-kota lainnya di Sulawesi Selatan, jangan lewatkan mencicipi si manis kue Barongko. Kue Barongko lembut berbahan dasar pisang ini merupakan hidangan untuk kaum bangsawan di masa lampau.

Kini si manis kue Barongko dapat ditemui mulai dari pasar tradisional hingga hidangan pengantin dan merupakan menu andalan suku Bugis-Makassar di Sulawesi Selatan. Kue Barongko dikemas cantik dengan daun pisang, dan harumnya menggugah selera penikmatnya.

Pisang merupakan buah yang mudah ditemui di Sulawesi Selatan, baik Makassar maupun kota-kota lainnya. Hidangan berbahan dasar pisang sangat beragam variasinya.

Baca Juga: Bukan Rendang Loh, Ini 3 Menu Andalan Restoran Sederhana yang Melegenda

Harga kue barongko pun relatif terjangkau. Di pasar mungkin dapat Anda temui Barongko seharga Rp2.000 per bungkus. Sedangkan Barongko premium yang dibuat dengan campuran kenari halus dijual dengan harga lebih mahal sekitar lima ribu rupiah perbungkus.

Para pembuat kue Barongko di Sulawesi Selatan juga banyak yang membuat beragam inovasi dari menu andalan ini, misalnya mencampur adonannya dengan durian, keju, kurma, dan lainnya.

Membuat Barongko sebenarnya cukup mudah, begini caranya:

Baca Juga: 5 Resep Menu Andalan Katering Milik Artis Cantik Devi Permatasari, dari Mie Celor Palembang sampai Soto Padang

Bahan:
- 5 buah pisang kepok ukuran sedang yang masak, haluskan
- 100 gram gula pasir
- 2 butir telur
- 1 sendok teh vanili bubuk
- 600 ml santan dari 1 butir kelapa
- daun pisang secukupnya untuk membungkus

Halaman:

Editor: Dian Riski Rosmayanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Kaki Anti Bau. Bebas Bau Kaki Sepanjang Hari

Selasa, 4 Januari 2022 | 16:05 WIB
X