• Kamis, 20 Januari 2022

8 Khasiat Jahe untuk Kesehatan Manusia, Salah Satunya Anti Penuaan

- Rabu, 1 Desember 2021 | 14:36 WIB
Ilustrasi Jahe untuk Kecantikan (Shutterstock/ pilipphoto  )
Ilustrasi Jahe untuk Kecantikan (Shutterstock/ pilipphoto )

TourismNews.id - Jahe (Zingiber officinale), adalah tumbuhan yang rimpangnya sering digunakan sebagai rempah-rempah dan bahan baku pengobatan tradisional. Salah satu khasiat jahe paling dikenal adalah sebagai penghangat tubuh.

Jahe termasuk salah satu rempah-rempah yang paling terkenal di dunia untuk kesehatan manusia, sehingga banyak orang yang menginginkannya dalam bentuk utuh ataupun bubuk.

Ini karena jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bila dikonsumsi secara rutin, di antaranya mengatasi masalah pencernaan hingga anti penuaan.

Sebagai rempah-rempah, jahe dimanfaatkan sebagai bumbu untuk memasak, juga sebagai minuman atau campuran pada bahan pangan. Rasa jahe yang pedas bila dibuat minuman memberikan sensasi sebagai pelega dan penyegar tenggorokan.

Baca Juga: Wedang Jahe Makassar alias Sarabba Cocok Diminum di Musim Hujan, Begini Cara Membuatnya

Ada banyak manfaat jahe untuk kesehatan, 8 diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Anti Penuaan dan Kanker

Jahe bersifat anti-inflamasi dan anti-oksidatif yang bisa mengendalikan proses penuaan. Manfaat jahe lainnya, tanaman herbal ini juga memiliki potensi antimikroba yang dapat membantu dalam mengobati penyakit menular. Bahkan, manfaat jahe disebut-sebut dapat mencegah berbagai kanker.

2. Meredakan Nyeri Haid

Rutin mengonsumsi air jahe bisa membantu mengurangi nyeri yang terjadi saat menstruasi. Jahe yang dikonsumsi dapat meredakan nyeri menstruasi pada wanita. Bahkan, khasiat dari jahe disebut tak berbeda jauh dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat.

3. Menurunkan Kadar Glukosa Darah sampai Kolesterol

Rutin mengonsumsi jahe juga bisa menurunkan glukosa darah secara signifikan. Tak cuma itu, konsumsi jahe secara rutin juga bisa menurunkan kolesterol LDL (lemak jahat), trigliserida, sekaligus meningkatkan HLD (lemak baik).

Halaman:

Editor: Arif Kusuma Fadholy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Kaki Anti Bau. Bebas Bau Kaki Sepanjang Hari

Selasa, 4 Januari 2022 | 16:05 WIB
X