• Kamis, 20 Januari 2022

Manfaat Berjemur Sinar Matahari Pagi dan Waktu yang Tepat Melakukannya

- Selasa, 30 November 2021 | 16:59 WIB
ilustrasi manfaat berjemur matahari pagi. (xframe)
ilustrasi manfaat berjemur matahari pagi. (xframe)

TourismNews.id – Manfaat berjemur sinar matahari pagi selain menyehatkan juga dipercaya mampu memberikan rasa bahagia. Pasalnya, sinar matahari bisa merangsang produksi hormone serotonin yang juga dikenal dengan sebagai hormone kebahagiaan.

Manfaat berjemur sinar matahari pagi terutama di masa pandemi ini sangatlah dianjurkan. Karena Vitamin D dari sinar matahari membentuk daya tahan tubuh, serta membantu meminimalkan tingkat penularan Covid-19.

Manfaat berjemur sinar matahari lainnya adalah memperkuat kesehatan tulang, mengurangi depresi ringan, dan meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: Taman Budidaya Edelweis di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Upaya Hentikan Tindakan Petik Bunga Langka

Sementara, untuk kapan waktu yang tepat berjemur, beragam pendapat bisa kita baca mengenai waktu yang tepat untuk berjemur sinar matahari.

Ada yang berpendapat untuk berjemur pagi hari untuk menghindari resiko kanker kulit, namun ada pula yang berpendapat siang hari yang paling baik.

Yang terpenting adalah, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya, atau lotion untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Setidaknya minimal dengan SPF 24.

Secara umum World Health Organization (WHO) mengelompokkan indeks ultraviolet menjadi 1-10. Indeks terendah adalah pada waktu jam 09.00-10.00 pagi. Indeks tertinggi berada diatas pukul 10 pagi. Jadi jika ingin berjemur dengan durasi yang lama, sebaiknya memilih waktu dibawah pukul 10 pagi.

Baca Juga: Manfaat Tabir Surya Bagi Wajah dan Tubuh, Terlindung dari Sinar Ultra Violet Menjaga Kulit Tidak Terbakar

Halaman:

Editor: Irvan Ali Fauzi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Kaki Anti Bau. Bebas Bau Kaki Sepanjang Hari

Selasa, 4 Januari 2022 | 16:05 WIB
X