• Sabtu, 4 Desember 2021

5 Jenis Olahraga yang Baik untuk Lansia, Salah Satunya Taichi

- Rabu, 24 November 2021 | 08:31 WIB
Jenis olahraga yang baik untuk lansia penting dipilih agar tidak mudah bosan. (Image by Ratna Fitry from Pixabay)
Jenis olahraga yang baik untuk lansia penting dipilih agar tidak mudah bosan. (Image by Ratna Fitry from Pixabay)

TourismNews.id - Jenis olahraga yang baik untuk lansia atau orang lanjut usia penting dipilih oleh Anda yang ingin memulai hidup sehat di usia senja.

Sebagian orang sudah melakukan kebiasaan gaya hidup sehat yang sudah diterapkan sejak kecil hingga dewasa. Gaya hidup sehat yang seimbang meliputi pola makan sehat dan teratur. Selain itu, jenis olahraga yang baik untuk lansia penting dipilih sesuai minat dan hobi agar tidak mudah bosan.

Lalu bagaimana dengan lansia? apakah olahraga rutin disarankan untuk lansia?

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Olahraga Terpopuler di Indonesia

Manfaat olahraga paling utama adalah untuk kesehatan tubuh, jantung. Seseorang disarankan untuk berolahraga minimal 150 menit per minggu. Waktu untuk Aktivitas fisik tersebut sebaiknya memang dibiasakan sejak dini.

Begitu pula dengan para lansia setelah mereka memasuki usia 60 tahun. Risiko penyakit seperti serangan jantung dan stroke kerap. Tidak sedikit yang takut berolahraga karena khawatir akan serangan jantung jantung.

Manfaat masih berolahraga di usia tua terbukti dapat mempertahankan daya tahan tubuh, meningkatkan kekuatan, memperlambat demensia, serta mengurangi risiko penyakit obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Baca Juga: Bangkitnya Pariwisata Olahraga Tingkat Internasional di Sirkuit Pertamina Mandalika

Olahraga dengan intensitas rendah sampai sedang dianjurkan untuk lansia. Olahraga berat sangat tidak disarankan untuk dilakukan lansia, mengingat fungsi tubuh lansia yang sudah tidak sebaik orang yang lebih muda. Berikut jenis olahraga yang aman untuk lansia:

Halaman:

Editor: Irvan Ali Fauzi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X