• Sabtu, 4 Desember 2021

Gelaran WSBK Pergerakan Penumpang di Bandara Lombok Naik 50 Persen, Rata-rata Harian Tertinggi Tahun ini

- Rabu, 24 November 2021 | 23:05 WIB
Antrean boarding penumpang di Bandara Lombok, usai gelaran WBSK, Mandalika. (Humas PT Angkapasa Pura I)
Antrean boarding penumpang di Bandara Lombok, usai gelaran WBSK, Mandalika. (Humas PT Angkapasa Pura I)

TourismNews.id - Gelaran ajang balap motor World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB membuat lonjakan jumlah pergerakan penumpang di Bandara Lombok. Jumlah pergerakan penumpang di Bandara Lombok baik 50 persen.

PT Angkasa Pura I merilis data, sepanjang gelaran WBSK penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Lombok selama pekan penyelenggaraan event WSBK tercatat rata-rata 5.700 penumpang per hari.

Angka ini meningkat 50 persen jika dibandingkan dengan pergerakan penumpang pada hari-hari sebelumnya di bulan November 2021, dengan rata-rata 3.800 penumpang per hari. Gelaran WBSK membuat kinerja Bandara Lombok bergairah. 

Baca Juga: Pemkab Lombok Barat Adakan 'Welcome to Senggigi' untuk Sambut Gelaran Balap Motor Internasional WSBK

General Manager Bandara Lombok Nugroho Jati mengatakan, melihat tren pergerakan penumpang, puncak arus kedatangan terjadi pada 19 November 2021, terdapat 4.241 orang tiba di Bandara Lombok.

"Sedangkan puncak arus keberangkatan terjadi pada 22 November 2021 dengan jumlah penumpang berangkat sebanyak 4.077 orang,” ujar dia dalam siaran media, di Lombok, Rabu, 24 November 2021.

Sedangkan pergerakan pesawat, tercatat mengalami kenaikan sebesar 43 persen pada periode yang sama. Pada 1-16 November 2021 rata-rata ada 37 pergerakan pesawat per hari, sedangkan pada 17-23 November 2021 rata-rata mencapai 53 pergerakan pesawat per hari.

Baca Juga: 6 Ide Liburan di Sekitar Kuta Mandalika Lombok yang Membuat Anda Betah

Jumlah rata-rata harian pergerakan penumpang dan pergerakan pesawat selama event WSBK ini merupakan yang tertinggi sepanjang tahun 2021 ini.

“Meskipun pergerakan penumpang dan pesawat cukup tinggi, semua proses pelayanan di Bandara Lombok berjalan dengan baik dan lancar," kata dia.

Hal ini tak lepas dari kerja keras seluruh karyawan bandara serta dukungan dari para mitra usaha, mitra kerja, dan stakeholder Bandara Lombok lainnya.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Lombok yang Menggoda Selera, dari Plecing Kangkung hingga Sate Pusut

"Saya mengucapkan terima kasih atas koordinasi dan komunikasi yang telah terjalin dalam upaya kita bersama-sama menyukseskan event internasional ini,” ungkap Nugroho Jati.

Usai gelaran WBSK, rencananya tahun depan Mandalika akan kembali menjadi tuan rumah ajang MotoGP. Pemerintah sedang mematangkan kesiapan dan mengevaluasi hasil gelaran WBSK tahun ini.***

 

 

Editor: Dian Riski Rosmayanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X