• Rabu, 27 Oktober 2021

BPOLBF: Siapkan Katalog Untuk Wisatawan Yang Berkunjung Ke Labuan Bajo

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 08:15 WIB
Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF)
Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF)

TourismNews.id - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) serius dalam mewujudkan pengembangan investasi pariwisata yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

BPOLBF meminta Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk menyiapkan katalog kegiatan bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Katalog tersebut nantinya digunakan sebagai pilihan dalam beraktivitas di Labuan Bajo, semisalnya rapat di pantai atau tempat terbuka, tak melulu di dalam ruangan.

"BPOLBF siap bersinergi dengan pemerintah dan mendukung investasi yang berwawasan lingkungan, yang memperhatikan kaidah-kaidah pariwisata berkualitas dan berkelanjutan di Labuan Bajo," kata Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina, dikutip dari Antara, Senin, 11 Oktober 2021.

Baca Juga : Hotel Harus Memiliki Sertifikat Higienis Untuk Jaminan Keamanan Wisatawan

Shana ingin Labuan Bajo menjadi destinasi yang bisa memberi pengalaman penuh bagi wisatawan. Tak hanya itu Shana juga mendorong agar hotel dan restoran ramah pada lingkungan. Dia ingin penggunaan plastik dan sampah secara benar. PHRI pun dapat menjadi garda terdepan untuk menunjukkan pentingnya pemilahan sampah dan pengurangan sampah plastik.

Pada kesempatan tersebut Shana melihat bahwa BPOLBF harus bekerja sama dengan PHRI sebagai salah satu elemen swasta dalam pentahelix. Dia menyoroti bagaimana PHRI melakukan pendataan dan kesiapan MICE atau Meeting, Incentive, Convention, Exhibition di Labuan Bajo.

Baca Juga : Presiden Sambangi Malioboro, Bukti Wisatawan Aman Berkunjung ke Objek Wisata di Yogyakarta

Selain itu, pihaknya juga akan membuat sistem untuk desa wisata dan community based tourism (CBT) yang bisa dibina langsung oleh PHRI. Bentuknya bermacam-macam, seperti pelatihan hospitality, food and beverage, dan manajemen tata kelola, sehingga pelayanan yang diberikan oleh CBT bisa berada pada level yang sama dengan hotel.

Shana pun berharap hotel dan restoran di Labuan Bajo tetap menyiapkan standar protokol kesehatan, terintegrasi dengan aplikasi peduli lindungi, dan memenuhi standar hotel.

Halaman:

Editor: Ahmad Husni

Tags

Terkini

Jokowi Dianugerahi Gelar Pemimpin Pariwisata Dunia

Rabu, 15 September 2021 | 21:03 WIB
X