• Rabu, 27 Oktober 2021

Hotel Harus Memiliki Sertifikat Higienis Untuk Jaminan Keamanan Wisatawan

- Senin, 11 Oktober 2021 | 10:05 WIB
program sertifikasi yang diinisiasi oleh RedDoorz
program sertifikasi yang diinisiasi oleh RedDoorz

TourismNews.id - Menurunnya kasus positif Covid-19 serta mulai melonggarnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Indonesia. Berdampak pula pada sektor pariwisata, di mana pemerintah mulai melakukan uji coba pembukaan 20 destinasi pariwisata di Pulau Jawa secara terbatas dan juga rencana membuka 18 destinasi pariwisata prioritas di beberapa wilayah di Indonesia.

Pemerintah menetapkan wilayah Sumatera Utara, Bangka Belitung, Yogyakarta, dan Nusa Tenggara Timur sebagai tempat wisata yang sudah boleh dikunjungi dengan tahapan uji coba. Tingginya keinginan masyarakat untuk berlibur sudah ada sebelum kelonggaran dan uji coba pembukaan destinasi pariwisata diberlakukan, hal tersebut semakin menumbuhkan keinginan masyarakat untuk kembali berlibur ke berbagai daerah.

Baca Juga : Lama Tidak Beroprasi Transera Waterpark Harapan Indah Buka Kembali

Tingginya okupansi hotel seperti RedDoorz dan minat travelling ini membuktikan perkembangan baik bagi tren pariwisata Indonesia ke depan. Di beberapa wilayah tanah air hotel RedDoorz mengalami kenaikan seperti di Belitung mencapai 150 persen, Lombok 73,68 persen, Padang 18,33 persen, Surabaya 7,86 persen, Semarang 12,23 persen, dan Yogyakarta 10,24 persen.

"Kami juga terus berkomitmen untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan dalam menginap. Agar percaya bahwa industri pariwisata akan perlahan pulih dan peningkatan okupansi perhotelan dapat mendorong perindustrian pariwisata di Indonesia," kata Irfan Badruzaman, Head of Marketing RedDoorz Indonesia dalam rilis beberapa pekan yang lalu.

Penerapan Program HygienePass
Ia menyebut program sertifikasi yang diinisiasi oleh RedDoorz dan mitra propertinya serta bekerja sama dengan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI). Sertifikasi Hygiene Pass terbuka untuk seluruh pemilik bisnis hotel di Indonesia, terlepas dari asosiasi apa pun. Sertifikasi ini menetapkan standar kebersihan di seluruh industri perhotelan dan menekan angka penyebaran Covid-19 di klaster hotel.

"Saat ini, sudah lebih dari 1.199 properti di 134 kota di Indonesia telah memperoleh sertifikasi HygienePass," ujar dia.

Baca Juga : Presiden Sambangi Malioboro, Bukti Wisatawan Aman Berkunjung ke Objek Wisata di Yogyakarta

Menurutnya, komitmen pelaku pariwisata untuk menyediakan pelayanan yang aman untuk seluruh pelanggan untuk meningkatkan pariwisata Indonesia.

Halaman:

Editor: Ahmad Husni

Tags

Terkini

Jokowi Dianugerahi Gelar Pemimpin Pariwisata Dunia

Rabu, 15 September 2021 | 21:03 WIB
X