• Sabtu, 4 Desember 2021

Manfaat Lari Pagi, Bisa Memiliki Tubuh Ideal sambil Berwisata di Lingkungan Sekitar

- Kamis, 25 November 2021 | 17:51 WIB
Manfaat lari pagi, bisa memiliki tubuh ideal sambil berwisata. (Image by Ratna Fitry from Pixabay)
Manfaat lari pagi, bisa memiliki tubuh ideal sambil berwisata. (Image by Ratna Fitry from Pixabay)

TourismNews.id – Dapat memiliki tubuh ideal merupakan dambaan setiap orang. Untuk itulah semua orang menjaga konsumsi makanannya dan berolahraga, demi mencapai berat tubuh ideal ini.

Olahraga yang dapat dilakukan oleh semua orang, kecuali menderita sakit tertentu adalah lari. Mau lari cepat atau lari santai, keduanya merupakan olahraga yang mudah dan murah, khususnya lari pagi.

Bahkan, menurut berbagai sumber, olahraga khususnya lari pagi bisa membuat Anda yang memiliki berat badan di atas rata-rata dapat memiliki tubuh ideal. Dikarenakan lari pagi merupakan olah raga yang tepat untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Ini 8 Tips untuk Perempuan Jilbaber yang Punya Hobi Olahraga dan Traveling

Ada beberapa jenis latihan lari sesuai dengan kebutuhannya. Untuk mendapatkan manfaat lari pagi secara maksimal, tentu saja dibutuhkan latihan yang disiplin dengan intensitas sedang sampai tinggi.

Lari dengan intensitas tinggi harus menggunakan lebih banyak otot dan membutuhkan banyak energi, otomatis akan lebih banyak kalori yang terbakar.

Menurut World Health Organization (WHO), orang dewasa sebaiknya melakukan olah raga dengan durasi 150 hingga 300 menit per minggu. Namun kalori yang terbakar saat berlari berbeda bagi setiap orang. Tergantung dari berat tubuh dan beban larinya.

Baca Juga: 5 Jenis Olahraga yang Baik untuk Lansia, Salah Satunya Taichi

Lari pagi juga banyak dipilih oleh banyak orang. Karena selain mendapatkan udara sejuk dari lingkungan sekitar, jika dilakukan dengan konsisten akan mendapatkan manfaat lainnya yakni mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Selain itu juga bisa mengurangi stress dan memperbaiki kualitas tidur.

Di beberapa negara belahan dunia, untuk menggiatkan olah raga lari telah banyak bermunculan kegiatan wisata lari dengan berbagai tema. Semacam 'Vienna Street Art Tour 8K', 'Las Vegas Funky Fresh Downtown 5K', dan lain lain. Sementara di Indonesia untuk skala lari internasional ada 'Heritage Marathon in Borobudur'.

Halaman:

Editor: Arif Kusuma Fadholy

Tags

Terkini

7 Destinasi Wisata Olahraga Terpopuler di Indonesia

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 06:22 WIB
X