• Rabu, 27 Oktober 2021

Bangkitnya Pariwisata Olahraga Tingkat Internasional di Sirkuit Pertamina Mandalika

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 15:45 WIB
Penyelesaian Pembangunan Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika di Pulau Lombok (Kemenparekraf)
Penyelesaian Pembangunan Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika di Pulau Lombok (Kemenparekraf)

TourismNews.id - Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika yang berada di pulau Lombok, NTB merupakan bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 untuk menjadi KEK Pariwisata. Di sirkuit tersebut dalam waktu dekat ini akan diselenggaraan beberapa balapan tingkat internasional yang diharapkan dapat membangkitkan sektor pariwisata olahraga khususnya di Provinsi NTB.

Sirkuit Internasional Pertamina tidak hanya memberi sensasi tontonan beradrenalin tinggi saja, namun juga menyajikan pemandangan yang langsung mengarah ke perbukitan dan kawasan pantai yang indah. Ini merupakan perpaduan yang cocok untuk menyuguhkan pariwisata olahraga internasioanal berkualitas tinggi.

Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika secara progres sudah mencapai tingkat akhir. Dijadwalkan akhir bulan Oktober ini diharapkan pembangunan dan pengembangan sirkuit sudah selesai.

Baca Juga: 337 Daya Tarik Wisata di Jawa Tengah Dibuka Terbatas

Dikutup dari situs Kementerian Pariwista dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah dalam meningkatkan aksesibilitas Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, sudah mengoptimalkan berbagai infrastruktur. Di antaranya persiapan akses jalan langsung atau bypass sepanjang 17,39 KM dengan Right of Way (ROW) jalan selebar 50 meter dari Bandara International Zainuddin Abdul Majid (BIZAM) ke kawasan Mandalika, perpanjangan lintasan pesawat di bandara, pengembangan pelabuhan Gili Mas menjadi cruise terminal, dan berbagai infrastruktur penunjang lainnya.


Penyelenggaraan IATC, WSBK, dan MotoGP

Di antara jadwal balapan internasional terdekat di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika pada 2021 adalah 12-14 November 2021 ajang IATC (Idemetsu Asia Talent Cup). Tidak lama setelah itu ada balapan motor World SuperBike (WSBK) pada 19-21 November 2021. Dua balapan tersebut, jauh-jauh hari telah memasukkan Sirkuit Mandalika dalam jadwal penyelenggara balapannya.

Khusus balapan MotoGP, diketahui baru-baru ini Dorna Sport sebagai penyelenggara telah mengumumkan secara resmi jadwal pelaksanaan MotoGP di seluruh dunia. Dari informasi yang dikeluarkan Dorna Sport, Indonesia ditunjuk sebagai penyelenggara pre-season test MotoGP di Sirkuit Mandalika yang berlangsung pada 11-13 Februari 2022. Berita gembiranya lagi, Indonesia masuk jadwal sementara untuk menjadi tuan rumah pada MotoGP 2022 pada18-20 Maret.

Baca Juga: Wisata Bali Kembali Dibuka 14 Oktober, Ini Persyaratannya...

Halaman:

Editor: Ahmad Husni

Sumber: Kemenparekraf

Tags

Terkini

X