• Selasa, 17 Mei 2022

Game Lokapala, Esport Pertama Indonesia Bergenre 'Multiplayer Online Battle Arena'

- Minggu, 12 Desember 2021 | 13:14 WIB
Game Lokapala Asli Indonesia (Kemenparekraf)
Game Lokapala Asli Indonesia (Kemenparekraf)

TourismNews.id - Game Lokapala: Saga of The Six Realms adalah game esport pertama Indonesia bergenre “Multiplayer Online Battle Arena”, atau sering dikenal dengan MOBA. Pertama kali dirilis pada 2020 lalu.

Dilansir dari laman Kemenparekraf, nama Game Lokapala berasal dari bahasa Sanskerta, yakni Loka yang berarti dunia, dan Pala yang artinya penjaga.

Game Lokapala juga telah sukses memeriahkan keseruan eksibisi esport di PON XX Papua 2021 lalu.

Game yang dikembangkan oleh Anantarupa Studios dan PT. Melon Indonesia sebagai publisher ini dipertandingkan dalam PON XX Papua sebagai pertandingan persahabatan.

Baca Juga: Piala Presiden Esport Jadi Ajang Kebangkitan Sport Tourism Indonesia

Hal ini membanggakan, pasalnya Lokapala menjadi satu-satunya game lokal yang berhasil lolos dan dipertandingkan di PON XX Papua 2021, di antara empat game luar negeri yang masuk dalam ekshibisi esport di PON Papua yakni Free Fire, Mobile Legends, eFootball PES 2021, dan PUBG Mobile.

“Lokapala menjadi satu-satunya game lokal yang ikut serta pada eksibisi PON XX di Papua kemarin. Kami mendapatkan dukungan dari KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia)," ujar Research and Development Anantarupa Studios, Sinta Ridwan.

Meskipun ada beberapa kendala, imbuhnya, tapi berkat dukungan KONI, pihaknya akhirnya bisa terlibat dalam kompetisi tersebut.

Baca Juga: Cegah Dampak Negatif Game Online, DPR Angkat E-Sport Jadi Fokus RUU Sistem Keolahragaan Nasional

Halaman:

Editor: Arif Kusuma Fadholy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X