• Sabtu, 4 Desember 2021

Ini Strategi yang Efektif untuk Menggaet Para Wisatawan Melalui Pemanfaatan Digital Tourism

- Kamis, 25 November 2021 | 11:34 WIB
Digital tourism, isitilah untuk wisata sambil berkerja.  (Image by Matthias Zeitler from Pixabay )
Digital tourism, isitilah untuk wisata sambil berkerja. (Image by Matthias Zeitler from Pixabay )

 

TourismNews.id - Pandemi Covid-19 menjadi mimpi buruk bagi seluruh sektor industri, terutama pariwisata Indonesia. Untungnya, perkembangan teknologi menjadi angin segar bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk bisa bertahan dan berkembang di tengah pandemi, khususnya dalam menggaet para wisatawan lokal maupun luar negeri.

Dikutip dari laman Kemenparekraf, kunci utama para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bertahan di tengah pandemi adalah memiliki kemampuan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi yang baik. Ketiga kemampuan tersebut dalam faktanya sudah mulai diterapkan di Indonesia melalui pemanfaatan digital tourism.

Pemanfaatan digital tourism merupakan salah satu strategi yang efektif dalam mempromosikan berbagai destinasi dan potensi pariwisata Indonesia melalui berbagai platform. Artinya, digital tourism tidak hanya sekadar mengenalkan, namun juga menyebar keindahan pariwisata secara luas untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia.

Baca Juga: Sandiaga Uno Dorong Pengembangan Ekosistem Ekonomi Digital

Bisa dibilang tren pemanfaatan digital tourism tentu akan menjadi lompatan besar bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Sebab, digital tourism secara tidak langsung membuat masyarakat semakin melek dan ikut beradaptasi dalam perkembangan teknologi. Tentu bukan hal yang sulit, karena gaya hidup masyarakat cenderung cepat dan bersentuhan langsung dengan internet.

Bukan hanya itu saja, saat ini tren pariwisata juga mulai bergeser ke arah digital. Salah satu buktinya terlihat dari aktivitas wisatawan yang mulai merencanakan perjalanan, pre-on-post journey, hampir seluruhnya dilakukan secara digital.

Menariknya lagi, ternyata perkembangan teknologi saat ini menjadikan industri pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai salah satu sektor yang mengalami digitalisasi dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Pandemic Winner dan Optimisme Menparekraf Membangkitkan Ekosistem Digital

Halaman:

Editor: Arif Kusuma Fadholy

Tags

Terkini

Stasiun Malang sudah Mirip Bandara

Selasa, 19 Oktober 2021 | 06:35 WIB
X