• Kamis, 20 Januari 2022

Gereja Blenduk di Kota Semarang, Bangunan Cagar Budaya yang Sampai Saat Ini Masih Digunakan

- Jumat, 3 Desember 2021 | 13:15 WIB
Foto Gereja Blenduk (dreamstime.com)
Foto Gereja Blenduk (dreamstime.com)

TourismNews.id - Salah satu bangunan tempat ibadah yang menjadi cagar budaya di Kota Semarang adalah Gereja Blenduk.

Gereja Blenduk didirikan pada tahun 1753 ini mempunyai arsitektur gaya Neo Klasik. Terlihat menonjol dengan kubah besar berlapis perunggu.

Bentuk Gereja Blenduk memang unik. Bagian kubah besarnya menjadi fokus bangunan luarnya. Kubah berwarna kecoklatan sangat kontras dengan dinding yang berwarna putih bersih.

Terletak di Kawasan kota lama atau outstadt yang berada di Kawasan belasan bangunan tua di Kota Semarang. Tepatnya di Jalan Letjen Suprapto Nomor 32. Kawasan ini dikenal juga sebagai Little Netherland.

Baca Juga: 5 Katedral dengan Arsitektur yang Indah di Dunia, Salah Satunya Katedral Milano di Italia

Pada awalnya bangunan ini adalah rumah panggung berarsitektur Jawa yang didirikan pada tahun 1753. Kemudian dirombak secara keseluruhan mengikuti arsitektur gaya Eropa, dan selesai pada tahun 1794. Pembangunan selanjutnya dilakukan tahun 1894 sampai 1895, dengan menambahkan Menara kembar yang dilengkapi dengan jam besar di masing-masing Menara.

Pada Tahun 1981 - 1982 dilakukan studi kelayakan dalam Proyek Pemugaran Pemeliharaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala Jawa Tengah. Kemudian, renovasi terakhir dilakukan pada tahun 2003. Hingga menjadi bentuk Gereja Blenduk sampai sekarang.

Gereja Blenduk menghadap ke arah selatan dengan pintu masing-masing di depan dan sisi kiri kanan. Pintu-pintu itu dilengkapi dengan pilar gaya dorik Romawi dengan atap model pelana kuda.

Dalam ruangan utama terdapat beberapa interior yang menarik. Bangunan kuno dengan lantai ubin penuh ornamen warna kuning, coklat, dan hitam yang dipadu dengan kursi untuk para jemaat berderet terbuat dari kombinasi kayu dan rotan.

Halaman:

Editor: Arif Kusuma Fadholy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mely, Bayi Orangutan ke-100 Lahir di SM Lamandau

Rabu, 19 Januari 2022 | 11:05 WIB
X