• Sabtu, 4 Desember 2021

Masuk Nominasi ADWI 2021, Begini Kekayaan yang Dimiliki Desa Wisata Kole Sawangan di Tana Toraja

- Selasa, 23 November 2021 | 14:11 WIB
Desa Wisata Kole Sawangan di Tana Toraja Sulawesi Selatan (Pemprov Sulawesi Selatan)
Desa Wisata Kole Sawangan di Tana Toraja Sulawesi Selatan (Pemprov Sulawesi Selatan)

 

TourismNews.id - Sudah bukan menjadi rahasia bahwa adat dan budaya adalah kekayaan yang dimiliki Tana Toraja. Warisan budaya Sulawesi Selatan cukup lekat dengan daerah ini.

Warisan budaya dari suku yang berasal dari Sulawesi Selatan bisa kita jumpai dengan mengunjungi Desa Kole Sawangan, Kabupaten Tana Toraja.

Diketahui, Desa Wisata Kole Sawangan masuk nominasi ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) 2021. Artinya, desa tersebut menjadi salah satu dari 50 desa wisata terbaik yang dimiliki Indonesia.

Desa ini menjadi salah satu wilayah yang menyimpan kekayaan adat dan budaya Toraja. Desa yang berada di kaki Gunung Sado'ko ini baru bisa kita temui dengan menempuh waktu selama 45 menit dari bandar udara Toraja.

Baca Juga: Provinsi Sulawesi Selatan Turut Serta di Temu Karya Taman Budaya XX, Tampilkan Tari Sikamali

Desa yang menyuguhkan pemandangan sawah hijau ini lekat dengan budayanya. Apa saja kekayaan yang dimiliki Desa Wisata Kole?

1. Keunikan Tongkonan

Tongkonan merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki Desa wisata Kole Sawangan. Tongkonan adalah rumah panggung tradisional masyarakat Toraja berbentuk persegi empat panjang. Di sini kamu akan melihat salah satu Tongkonan tertua di Toraja.

Bukan hanya sebagai tempat tinggal, Tongkonan menjadi tempat untuk memajang tanduk kerbau. Di sini tanduk kerbau menjadi simbol bahwa pemilik rumahh adalah tuan yang sudah melakukan rambu solo'.

Rambu Solo' adalah sebuah upacara pemakaman adat atau pesta yang akan menjadi tanda penghormatan terakhir pada mendiang yang telah pergi.

Halaman:

Editor: Arif Kusuma Fadholy

Tags

Terkini

X