• Kamis, 20 Januari 2022

Ini Keunikan Desa Wisata Jamu Gendong di Dusun Kiringan Kabupaten Bantul

- Minggu, 21 November 2021 | 09:55 WIB
Suasana Desa Wisata Jamu Gendong di Dusun Kiringan (@juvika)
Suasana Desa Wisata Jamu Gendong di Dusun Kiringan (@juvika)

 


TourismNews.id - Kabupaten Bantul memiliki Desa Wisata Jamu Gendong. Tepatnya di Dusun Kiringan, Kelurahan Canden, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dusun Kiringan dikenal sebagai daerah penghasil produk jamu yang sudah diwariskan secara turun temurun. Hal ini ditunjang dengan kebiasaan warga di sana sudah menanam Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di pekarangan rumah mereka sejak lama.

Kegiatan manaman TOGA itu pada awalnya hanya dilakukan untuk mempermudah perolehan bahan baku pembuatan jamu tradisional pada warga masyarakat Dusun Kiringan.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, kabar mengenai jamu tradisional ini terdengar hingga ke berbagai daerah sekitar.

Baca Juga: Gudeg Manggar dari Kabupaten Bantul Masuk Warisan Budaya Tak Benda, Ini Sejarahnya

Hal inilah yang kemudian membuat permintaan pembuatan jamu makin tinggi. Seiring waktu berjalan, Dusun Kiringan diresmikan menjadi desa wisata pada tahun 2016 dengan nama Desa Wisata Jamu Gendong.

Menurut Pengelola Wisata Jamu Gendong Kiringan, Muhammad Sutrisno menjelaskan, konsep membuat desa wisata ini adalah agar Jamu Gendong di wilayah dikenal oleh masyarakat luas.

"Untuk masyarakat yang tidak mengerti tentang Jamu, dapat belajar di Dusun Kiringan," jelasnya.

Pengrajin Jamu Gendong Kiringan ini, memasarkan jamunya menyebar keseluruh wilayah sampai ke Wonosari, Pandak, Srandakan, Kota Bantul, bahkan sampai ke Kota Yogyakarta.

Halaman:

Editor: Arif Kusuma Fadholy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mely, Bayi Orangutan ke-100 Lahir di SM Lamandau

Rabu, 19 Januari 2022 | 11:05 WIB
X