• Kamis, 20 Januari 2022

Durian Susu dari Lereng Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Diburu Penggemar

- Jumat, 19 November 2021 | 17:10 WIB
Ilustrasi Durian (Pexels)
Ilustrasi Durian (Pexels)

TourismNews.id - Gunung Semeru, selain terkenal dengan wisata pendakiannya, juga terkenal akan kesuburan tanahnya. Beragam tanaman tumbuh subur di lereng Gunung Semeru, termasuk durian yang sangat istimewa, yaitu durian susu.

Durian susu tumbuh di ketinggian 2000 mdpl di lereng Gunung Semeru dan terkenal rasanya yang manis, lembut, dan legit memanjakan lidah.

Karena rasanya yang manis dan legit ini, durian susu banyak diburu penggemar durian yang langsung datang ke kebun durian di Kabupaten Lumajang.

Durian ini tumbuh subur di Desa Burno Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Salah satu jenis durian yang paling diburu warga saat musim panen adalah durian susu Semeru.

Baca Juga: Seven Summit of Java, Puncak Tantangan Para Pendaki Gunung di Pulau Jawa

Dinamakan durian susu karena warnanya seputih susu. Durian susu dari lereng Gunung Semeru ini terkenal dengan rasanya yang manis, legit, dan dominan pahit. Teksturnya juga lebih lembut dibandingkan durian jenis lainnya, selain itu daging buahnya juga lebih tebal.

Seorang perani durian di Desa Burno, Santer mengatakan, ketika musim panen raya, dirinya dengan dibantu para pekerjanya memanen ratusan buah durian dalam sehari. Harga satu buah durian dibanderol mulai Rp20.000 hingga Rp70.000 per biji, tergantung ukuran buah durian.

Kamu tak perlu khawatir dengan kualitasnya karena buah durian yang dijual merupakan buah durian masak pohon.

Bahkan pengunjung yang datang membeli lebih senang bila memetik sendiri buah duriannya, karena ada buah yang tumbuh pada cabang yang dapat diraih dengan tangan. Sedangkan petaninya sendiri memanjat pohon dibantu dengan tangga.

Halaman:

Editor: Arif Kusuma Fadholy

Tags

Terkini

Mely, Bayi Orangutan ke-100 Lahir di SM Lamandau

Rabu, 19 Januari 2022 | 11:05 WIB
X