• Sabtu, 4 Desember 2021

Tips Berwisata Aman Saat Pandemi, Mulai dari Cari Tempat Sepi Hingga Bawa Makanan Sendiri

- Senin, 18 Oktober 2021 | 11:38 WIB
Gili Trawangan salah satu destinasi primadona yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat mengalami pukulan keras selama pandemi covid-19. Gili yang biasanya selalu dipenuhi wisatawan baik lokal maupun mancanegara kini terlihat sepi. (Azhari Setiawan)
Gili Trawangan salah satu destinasi primadona yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat mengalami pukulan keras selama pandemi covid-19. Gili yang biasanya selalu dipenuhi wisatawan baik lokal maupun mancanegara kini terlihat sepi. (Azhari Setiawan)

TourismNews.id - Pandemi telah 'merumahkan' banyak orang yang hobi jalan-jalan. Jangankan pergi ke tempat wisata, ke warung tetangga saja banyak orang parno dan was-was.

Diperkuat dengan ditutupnya sebagian besar objek wisata, maka selama setahun lebih, sebagian orang lebih memilih berwisata virtual saja demi keamanan.

Kondisi saat ini sudah agak berbeda, dikarenakan level PPKM yang mulai turun. Tempat ibadah mulai ramai, sekolah-sekolah mulai melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka, dan objek wisata mulai dibuka. Jiwa-jiwa travelling mulai menginginkan pelampiasan hobi.

Meski demikian, tentunya harus tetap waspada mengantisipasi berbagai kemungkinan. Agar dapat berwisata aman saat pandemi, coba simak tipsnya berikut ini:

1. Cari Tempat Sepi
Berkerumun adalah salah satu sebab penularan Covid-19. Maka dari itu, jika berwisata carilah tempat yang sepi. Tempat wisata yang sepi, bisa jadi mengandung dua arti. Pertama, tempatnya memang sepi, misalnya pantai yang masih perawan dan belum banyak pengunjung. Kedua, tempatnya mungkin ramai tapi Anda dapat memilih berkunjung pada saat week day, sehingga tidak banyak orang yang datang.

2. Pastikan Memakai Kendaraan Pribadi
Memakai kendaraan pribadi akan membuat kita lebih aman, karena tidak bercampur dengan orang lain seperti jika memakai kendaraan umum. Jika belum punya mobil pribadi, ada alternatif untuk rental mobil atau pinjam punya teman. Intinya sesedikit mungkin berinteraksi dengan orang lain.

3. Selalu Sedia Masker dan Hand Sanitizer
Walaupun mengunjungi tempat yang sepi, Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di sana. Bisa jadi awalnya sepi, tapi kemudian ada rombongan pengunjung yang berpikiran sama dengan Anda, mencari tempat yang sepi. Akhirnya karena banyak yang berpikiran sama, tempat sepi dipenuhi orang-orang yang ingin berwisata.

4. Bawa Makan Sendiri
Berwisata sekaligus berpiknik dapat menjadi salah satu pilihan wisata aman saat pandemi. Alih-alih makan di warung atau restoran umum, Anda dapat menyiapkan sendiri hidangan makan siang praktis, kue, snack, dan buah-buahan untuk dibawa ke tempat wisata. Di sana Anda dapat menggelar tikar dan makan hidangan yang sudah disiapkan dari rumah, sambil mengawasi anak-anak bermain. Jangan lupa, untuk selalu membuang sampah di tempat yang telah disediakan.

Semoga dengan tips tersebut, Anda dapat berwisata aman dan nyaman. Bagaimanapun, menjaga keluarga agar tetap aman adalah prioritas utama. Jangan sampai karena euforia berwisata, kita menjadi mengabaikan prokes yang sudah berbulan-bulan taat dijalani. Yuk, mulai berwisata dan tetap waspada.***

Halaman:

Editor: Irvan Ali Fauzi

Tags

Terkini

X