• Rabu, 27 Oktober 2021

Sejarah dan Panorama Wisata Bukit Jokowi di Jayapura

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 12:28 WIB
Salah Satu Spot Foto di Bukit Jokowi (Youtube Erik dan Dita Vlog)
Salah Satu Spot Foto di Bukit Jokowi (Youtube Erik dan Dita Vlog)

TourismNews.id - Saat ini tanah provinsi Papua sedang menyelenggarakan pesta olahraga tingkat nasional yang dikenal dengan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX. Salah satu tempat favorit para kontingen PON XX untuk berwisata adalah Bukit Jokowi.

Bukit Jokowi beralamat di Skyland, Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua. Bukit Jokowi dapat ditempuh sekitar lima belas menit lamanya dari Abepura, atau setengah jam dari jantung kota dengan kendaraan bermotor.

Sejarah Nama Bukit Jokowi

Dijelaskan dalam Channe Youtube Erik dan Dita Vlog, tempat wisata tersebut dinamai bukit Jokowi dikarenakan setelah Presiden Jokowi pertama kali dilantik pada tahun 2014, ia dan rombongan datang Jayapura untuk meninjau kawasan yang akan dibuat jembatan yang menghubungkan antara daerah Hamadi dengan Holtekamp. Presiden RI ke-7 tersebut kemudian menuju kawasan yang saat ini bernama bukit Jokowi.

Baca Juga: Pemda DIY Dukung Pemuliaan dan Pemanfaatan Kembali Candi Prambanan

Saat itu, bukit tersebut masih gersang dan kosong belum ada banyak bangunan seperti saat ini. Di bukit tersebut Jokowi dapat melihat dengan sangat jelas wilayah yang akan dibangun jembatan yang menghubungkan Hamadi-Holtekamp tersebut.

Bisa dikatakan, bukit tersebut adalah saksi bisu pencanangan jembatan yang saat ini berwarna merah tersebut. Pembangunan Jembatan itu dimulai dari tahun 2015 sampai 2019. Jadi, proses pembangunannya memerlukan waktu sekitar 4 tahun lamanya.

Panorama Alam dari Bukit Jokowi (Youtube Erik dan Dita Vlog)

Pembangunan jembatan tersebut tenlah menghabiskan total dana konstruksi sebesar Rp 1,8 triliun. Pembangunannya dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT Hutama Karya (Persero) Tbk, dan PT Nindya Karya (Persero), yang semuanya merupakan kontraktor konsorsium BUMN.

Halaman:

Editor: Ahmad Husni

Tags

Terkini

Sejarah dan Peran Hotel Pelangi di Kota Malang

Kamis, 21 Oktober 2021 | 16:18 WIB

Keindahan Danau Toba dan Letusan Gunung Supervolcano

Minggu, 10 Oktober 2021 | 20:57 WIB

Pendakian Gunung Ungaran Via Jalur Basecamp Mawar

Kamis, 9 September 2021 | 13:47 WIB

Papua Punya Situs Megalitik, Keren Pokoknya!

Selasa, 7 September 2021 | 20:54 WIB
X