• Sabtu, 4 Desember 2021

Kisah-kisah Misterius dari Waduk Darma, dari Belut Putih Hingga Gunung Goong

- Kamis, 23 September 2021 | 16:46 WIB
Waduk Darma, Kuningan, Jawa Barat. (Pikiran Rakyat)
Waduk Darma, Kuningan, Jawa Barat. (Pikiran Rakyat)

TourismNews.id - Cerita dari mulut ke mulut mengenai sebuah objek wisata sering kali menarik. Apalagi ceritanya tidak jauh dari misteri, membuat objek wisata tersebut makin dikenal. Cerita mengenai keberadaan sosok belut putih di Waduk Darma, Kuningan, Jawa Barat adalah salah satu cerita yang memancing rasa penasaran.

Seperti diketahui Waduk Darma menggenangi sembilan desa, yakni Desa Darma, Jagara, Kawahmanuk, Cikupa, Parung, Cipasung, Sakerta Barat, Sakerta Timur, dan Paninggaran.

Daerah genangan Waduk Darma itu, tidak hanya meliputi persawahan sembilan desa itu. Tapi menenggelamkan juga permukiman penduduk, pemakaman umum, dan situs-situs keramat. Akibatnya, munculah cerita-cerita dari masyarakat yang kadar di luar nalar manusia.

Baca Juga: Sekali Jalan, 10 Tempat Wisata Bisa Anda Kunjungi di Dataran Tinggi Dieng

Kepala Desa Sakerta Timur, Cucu Sudrajat tidak membantah jika keberadaan Waduk Darma masih diselimuti cerita-cerita misteri. Namun, pada dasarnya, cerita yang berkembang di masyarakat itu bukan untuk menakut-nakuti wisatawan. Cuma untuk mengingatkan saja, wisatawan yang berkunjung untuk menjaga perilaku yang baik.

"Misalnya, jangan melakukan perbuatan maksiat di kawasan Waduk Darma. Menjaga tutur kata yang sopan. Atau tidak melakukan perilaku tercela lainnya. Wisatawan yang melanggar aturan tidak tertulis itu, kadang-kadang diingatkan dengan hal-hal yang ghaib," tutur Cucu seperti dikutip Pikiran Rakyat.

Beberapa misteri di kawasan Waduk Darma yang sampai sekarang masih beredar di masyarakat, yakni cerita belut putih, air cikurubuk, gunung goong, dan munjul bangke.

Baca Juga: Sara Wijayanto Ajak Sandiaga Uno Berwisata Mistis Cari Penampakan Hantu di Kota Tua

Cucu Sudrajat kembali mengingatkan, cerita-cerita ghaib boleh dipercaya boleh tidak. Intinya, wisatawan nikmati saja keindahan Waduk Darma, dengan tetap menjaga kehati-hatian.

Halaman:

Editor: Irvan Ali Fauzi

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Terkini

X