• Sabtu, 4 Desember 2021

Sekali Jalan, 10 Tempat Wisata Bisa Anda Kunjungi di Dataran Tinggi Dieng

- Kamis, 16 September 2021 | 11:24 WIB
Dataran Tinggi Dieng dilihat dari Puncak Sikunir.  (Dinas Pariwisata Jawa Tengah)
Dataran Tinggi Dieng dilihat dari Puncak Sikunir. (Dinas Pariwisata Jawa Tengah)


TourismNews.id - Dataran Tinggi Dieng telah menjadi magnet wisatawan untuk berkunjung ke Jawa Tengah. Di Dieng, wisatawan dapat menikmati sensasi liburan dengan suasana pegunungan yang asri dan alami. Udara sejuk cenderung dingin, dipadu dengan pesona alam yang menawan bisa jadi alasannya.

Secara geografis, kawasan Dataran Tinggi Dieng berada di enam kabupaten yaitu Wonosobo, Banjarnegara, Batang, Pekalongan, Temanggung, dan Kendal. Namun, obyek wisata di Dieng lebih banyak berada di Wonosobo dan Banjarnegara.

Setidaknya ada 10 tempat wisata yang wajib dikunjungi sekali jalan, saat liburan Dataran Tinggi Dieng yang akrab dijuluki "negeri di atas awan" ini. Mengunjungi Dieng memang tak cukup sehari, meski lokasi tempat wisata berdekatan satu sama lain. Untuk bisa menikmati 10 lokasi wisata popular di Dieng ini, setidaknya Anda butuh tiga hari. Jadi, sekali liburan ke Dieng, 10 spot terlampaui. Yuk, ke mana saja ya..?

Baca Juga: Ancol Dibuka Lagi, Ini Beberapa Syarat Rekreasi ke Sana

Seperti dilansir laman resmi Dinas Pariwisata Jawa Tengah, berikut daftar 10 tempat wisata di Dieng yang wajib disambangi saat liburan ke Dieng:

1. Bukit Sikunir

Sebelum mencoba pendakian gunung yang cukup tinggi di Gunung Prau, wisatawan dapat mengalihkan tujuan ke Bukit Sikunir yang memiliki ketinggian 2.300 mdpl. Bukit Sikunir menawarkan keindahan berupa pemandangan delapan gunung di sekitarnya yang dapat terlihat dari puncak bukit. Mirip seperti Gunung Prau. Pun dengan panorama golden sunrise-nya yang bisa disebut terbaik.

Untuk dapat mencapai Bukit Sikunir, wisatawan harus berjalan selama 30-45 menit dari bawah. Tenang saja, fasilitas tangga sudah tersedia dan jalurnya tidak sesulit Gunung Prau.

2. Gunung Prau

Pemandangan di Gunung Prau selalu sukses bikin siapapun rindu. Tak heran, bila gunung yang memiliki ketinggian 2.565 mdpl menjadi incaran para pendaki.

Halaman:

Editor: Irvan Ali Fauzi

Sumber: Dinas Pariwisata Jawa Tengah

Tags

Terkini

X