• Sabtu, 4 Desember 2021

Menelusuri Gua Rangko, Maha Karya Sang Pencipta di Labuan Bajo

- Selasa, 14 September 2021 | 09:18 WIB
Spot utama Gua Rangko di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur (Indonesia.go.id)
Spot utama Gua Rangko di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur (Indonesia.go.id)

FLORES, TourismNews.id - Wisata alam yang memacu adrenalin memiliki kepuasan tersendiri bagi penikmat tantangan. Kabar baiknya, Indonesiua adalah surganya. Ya banyak obyek-obyek wisata alam yang punya karakteristik menantang. Salah satunya Gua Rangko.

Dilansir indonesia.go.id, Gua Rangko yang berlokasi di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur merupakan obyek wisata 'bergenre' adventure. Anda bisa menelusuri gua dengan kolam alami berair jernih plus pemandangan alam yang eksotis.

Gua ini masuk wilayah administrasi Desa Rangko, Kecamatan Boleng. Kendati demikian, letak persis dari gua ini justru tidak menyatu dengan daratan Pulau Flores. Lebih tepatnya terpisah oleh perairan Tanjung Boleng. Gua unik tersebut berada di Pulau Gusung. Begitu memasuki kawasan pantai di Desa Rangko dan berniat menuju Gua Rangko, bisa memanfaatkan jasa perahu kayu bermesin milik penduduk setempat.

BACA JUGA: Kala Sandiaga Uno Takjub dengan Pulau Untung Jawa, Sekelas Wisata Dunia!

Umumnya warga menyewakan kapal mereka untuk satu paket perjalanan, pergi dan pulang, dengan harga sewa sebesar Rp300 ribu. Kalau dirasa masih kemahalan, tak perlu khawatir karena kita bisa menawarnya. Agar biaya tersebut bisa lebih ringan, maka sebaiknya memakai kapal dilakukan dalam rombongan minimal delapan orang, tergantung dari kapasitas angkut kapal. Dari dermaga Desa Rangko menuju Pulau Gusung dapat dicapai dalam 30 menit perjalanan laut dengan kondisi ombak yang tenang.

Pulau Gusung yang tak berpenghuni, selain menjadi lokasi Gua Rangko, juga memiliki keindahan terumbu karang alami dan dangkal hingga 100 meter dari bibir pantai. Air lautnya pun masih sangat jernih.

Selain memanfaatkan jalur darat dari pusat kota memasuki Desa Rangko sebelum menuju Gua Rangko, kita juga bisa langsung menyewa kapal di Pelabuhan Labuan Bajo. Jarak tempuhnya paling cepat 50 menit hingga 70 menit menuju Pulau Gusung. Namun tentu saja sewa kapalnya lebih mahal dibandingkan naik dari dermaga Desa Rangko.

Setibanya di kawasan Pulau Gusung, kita akan disambut oleh dermaga kayu yang dilengkapi titian sepanjang 200 meter menuju bibir pantai. Hati-hati ya, saat melewati titian selebar 1,5 meter ini, terlebih usai diguyur hujan karena lantai kayunya licin. Jadi, buat yang memakai alas kaki bersol karet atau memakai sandal jepit, harap perhatikan benar langkahnya.

BACA JUGA: Obyek Wisata Sejarah yang Wajib Anda Kunjungi, Sumpah Keren!

Halaman:

Editor: Imam Solehudin

Tags

Terkini

X