• Sabtu, 4 Desember 2021

Berwisata religi ke Kota Makassar, Masjidnya Keren-Keren!

- Senin, 25 Oktober 2021 | 19:30 WIB
Masjid Amirul Mu'minin Makassar.
Masjid Amirul Mu'minin Makassar.

TourismeNews.id - Siapa yang tak kenal Kota Makassar? Kota yang dahulu pernah bernama Ujung Pandang ini adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan yang memiliki banyak masjid indah dan keren. Sangat tepat tentunya jika Makassar Anda jadikan salah satu destinasi wisata religi.

Dilansir dari situs DKM.or.id, jumlah masjid di kota Makassar adalah 78 masjid, yang terdiri dari Masjid Besar sebanyak 1 masjid, Masjid Jami sebanyak 10 masjid, Masjid Umum sebanyak 62 masjid, dan Masjid Bersejarah sebanyak 5 masjid.

Pada artikel kali ini kita hanya akan membahas empat masjid paling indah dan keren di kota Makassar, silakan simak satu-satu, ya.

Baca Juga: Wisata Religi di Masjid Agung Banten, Arsitekturnya Mirip Pagoda

1. Masjid Raya Makassar

Masjid Raya Makassar terletak di jalan Masjid Raya. Masjid ini dibangun tahun 1948 dan selesai pada tahun 1949. Masjid ini dirancang oleh M. Soebardjo yang merupakan pemenang sayembara desain yang diadakan oleh panitia pembangunan Masjid Raya. Pembangunan masjid diprakarsai oleh KH. Ahmad Bone, seorang ulama asal Bone dengan dana awal pembangunan masjid hanya Rp 60 ribu.

Masjid Raya Makassar pernah menorehkan sejarah karena awalnya juga dijadikan tempat para pejuang kemerdekaan. Harum Masjid Raya berkumandang lagi ke seantero Indonesia ketika masjid ini menjadi tempat pelaksanaan gelaran Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) pertama tahun 1955.

Masjid ini direnovasi dari tahun 1999 hingga tahun 2005 dan dirombak total dari bentuk aslinya. Bangunannya yang cukup luas dapat menampung 10.000 jemaah, dan halamannya dapat menampung lebih banyak lagi Jemaah.

Baca Juga: Aturan Jaga Jarak Dihapus, Saf Sholat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Kembali Rapat

Halaman:

Editor: Irvan Ali Fauzi

Tags

Terkini

Ikon dan Penghargaan terkait Wisata Halal di Lombok

Selasa, 12 Oktober 2021 | 20:24 WIB
X