• Rabu, 27 Oktober 2021

Ikon dan Penghargaan terkait Wisata Halal di Lombok

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 20:24 WIB
Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center NTB (Pemprov NTB)
Masjid Raya Hubbul Wathan Islamic Center NTB (Pemprov NTB)

TourismNews.idPulau Lombok yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dikenal dengan nama "Pulau Seribu Masjid". Selain mempunyai alam yang indah, di pulau ini jika didata setidaknya terdapat lebih dari 9.000 masjid.

Masjid yang paling dikenal serta menjadi ikon wisata halal NTB khususnya di pulau Lombok adalah Masjid Raya Hubbul Wathan di Kompleks Islamic Center NTB. Masjid Raya Hubbul Wathan merupakan salah satu masjid yang luas dan megah yang ada di Pulau Lombok, serta menara-menaranya yang menjulang ke angkasa yang tingginya hingga 14 meter.

Masjid Raya Islamic Center NTB

Diketahui, masjid raya yang biasa disebut Islamic Center NTB ini menempati lahan seluas sekitar 6 ha dan pembuatannya membutuhkan kurang lebih Rp300 miliar. Dana sebesar itu diperoleh selain dari APBD NTB, juga dari sumbangan kabupaten/kota se-NTB, termasuk bantuan dari beberapa negara Timur Tengah seperti Arab Saudi, Qatar, Jordania, dan Yordania. Banyak juga sumbangan dari masyarakat sekitar dan warga Tionghoa yang ada sekitar masjid tersebut.

Masjid Raya Islamic Center NTB ini merupakan sebuah pekerjaan besar yang berhasil diwujudkan oleh Pemerintah Provinsi NTB di bawah kepemimpinan Tuan Guru Bajang (TGB) Dr. HM Zainul Majdi, setelah digagas dan dirancang gubernur-gubernur sebelumnya yakni sejak zaman H. Warsito, H. Harun Al Rasyid, dan H. Lalu Serinata.

Baca Juga: Bangkitnya Pariwisata Olahraga Tingkat Internasional di Sirkuit Pertamina Mandalika

Selain sebagai tempat ibadah, Islamic Center NTB juga telah ditetapkan sebagai destinasi wisata religi oleh Pemerintah Daerah NTB. Masyarakat Lombok, khususnya umat Islam di sekitar wilayah tersebut, dapat menikmati dan sangat merasakan manfaat dari keberadaan Islamic Center yang terletak di tengah-tengah Kota Mataram, Pulau Lombok ini. Saat ini keberadaan Masjid Hubbul Wathon menjadi semacam induk lebih dari 9000-an masjid di Pulau Lombok.

Pemda NTB berharap, Islamic Center NTB selain menjadi pusat kegiatan keagamaan, juga diproyeksikan dapat menjadi pusat peradaban di Asia. Dikarenakan di areal tersebut juga berdiri bangunan-bangunan yang akan diperuntukkan bagi pusat pendidikan dan kebudayaan. Bahkan, rencananya dihadirkan museum kebudayaan Islam yang merepresentasikan perkembangan Islam di Asia, bahkan dunia.

Penghargaan Dunia dan Wisata Terbaik di Indonesia

Halaman:

Editor: Ahmad Husni

Sumber: ntbprov

Tags

Terkini

X