• Rabu, 29 Juni 2022

Pura Ulun Danu Beratan Merupakan Salah Satu Pura Terpenting Bagi Umat Hindu di Pulau Bali, Ini Alasannya

- Jumat, 7 Januari 2022 | 13:24 WIB
Pura Limgga Petak di Kawasan Pura Ulun Danu Beratan di Bali (ulundanuberatan.com)
Pura Limgga Petak di Kawasan Pura Ulun Danu Beratan di Bali (ulundanuberatan.com)

TourismNews.id - Pura Ulun Danu Beratan atau Pura Penataran Agung Ulun Danu Beratan adalah salah satu dari sembilan Pura Khayangan Jagat yang mengelilingi Pulau Bali.

Dikutip dari laman ulundanuberatan.com, Pura Ulun Danu Beratan ini menjadi salah satu Pura terpenting bagi masyarakat Bali, khususnya bagi umat Hindu.

Pura Ulun Danu Beratan adalah tempat yang digunakan oleh umat Hindu di Bali maupun Indonesia untuk memuja Tuhan Yang Maha Esa dalam manifestasi nya sebagai “Tri Murti” (Brahma, Wisnu dan Siwa).

Baca Juga: 4 Resort di Provinsi Bali yang Mempunyai Lapangan Golf, Salah Satunya Ayodya Resort

Memuja Tuhan dalam pengharapannya untuk kesuburan Tanah, Kemakmuran, dan kesejahteraan manusia, termasuk juga demi lestarinya alam semesta.

Secara Hhstoris, Pura Ulun Danu Beratan dibangun oleh I Gusti Agung Putu, Raja Puri Mengwi pertama pada Tahun Saka 1556 (Tahun Masehi 1634 masehi).

Pura tersebut diempon oleh Empat Satakan dari Desa Adat di sekitar Pura yang terdiri dari Gebog Pesatak Candikuning, Gebog Pesatak Baturiti, Gebog Pesatak Antapan, dan Gebog Pesatak Bangah.

Baca Juga: Readers' Choice Awards 2021: Kepulauan Raja Ampat dan Pulau Bali Masuk 5 Besar Pulau Terindah di Asia

Secara administratif, Pura Ulun Danu Beratan terletak di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan di Bali, Indonesia.

Halaman:

Editor: Arif Kusuma Fadholy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Memelihara Hewan Bisa Bantu Jaga Mental Tetap Sehat

Minggu, 9 Januari 2022 | 18:05 WIB

Terpopuler

X